Pejabat Pimpinan SKPD pada kegiatan pembukaan Ekspedisi NKRI belum lama ini.

Banyak Warga Mengaku Belum Terima KIS

KAIMANA, Cahayapapua.com Pembagian KIS (Kartu Indonesia Sehat) di wilayah Kabupaten Kaimana khusus wilayah kota dan sekitarnya belum maksimal. Dalam satu rumah tangga sesuai pengakuan warga, hanya beberapa orang yang sudah mengantongi KIS atau dalam satu amplop hanya berisi KIS untuk kepala keluarga, sementara lainnya anggota keluarga tidak ada. Pihak Kantor Pos dan Giro disarankan agar pembagian KIS melibatkan RT atau diserahkan melalui RT untuk dilanjutkan kepada warga di lingkungannya masing-masing.

“Belum dapat sampai hari ini. Tapi ada beberapa di rumah yang sudah dapat mungkin tercecer. Supaya lebih aman sebaiknya libatkan RT, nanti dari RT baru diserahkan ke masing-masing rumah. Memang tidak terlalu mendesak juga, tapi paling kurang supaya urusan KIS bisa selesai,” saran warga saat bertemu Cahaya Kaimana.

Terkait KIS, Kepala PT. Pos Indonesia Cabang Kaimana, Marcel Usmany saat ditemui beberapa waktu lalu menjelaskan, KIS untuk wilayah Kabupaten Kaimana telah mulai didistribusikan kepada warga sejak 16 Januari 2016. Total KIS yang diterima pihaknya sebanyak 10.433 KK dan telah tersalur sebanyak 5.511 KK pada wilayah Distrik Kaimana serta Distrik Teluk Etna. Pendistribusian selain dilakukan sendiri oleh petugas Kantor Pos dibantu beberapa tenaga lepas, tetapi ada juga warga yang langsung mengambilnya di Kantor Pos.

Namun disisi lain Ia mengakui, pengambilan langsung di Kantor Pos sebenarnya tidak disarankan karena pendistribusian KIS telah menjadi tugas dan tanggungjawab Kantor Pos untuk langsung mendatangi warga. Tetapi tidak menutuo kemungkinan jika ada warga yang ingin lebih cepat memiliki KIS, pihak Kantor Pos bersedia melayani. Dijelaskan, pendistribusian KIS ini menggunakan sistim KK yang disatukan dalam sebuah bungkusan/amplop, dimana didalamnya terdapat beberapa keeping KIS untuk masing-masing anggota keluarga.

“Untuk pendistribusian memang sudah menjadi tugas kami, dimana kami yang harus mendatangi warga. Tetapi karena ada warga yang ingin cepat memiliki KIS, mereka langsung ambil sendiri di Kantor Pos. Hal seperti ini tetap kami layani, tetapi kami tidak menganjurkan untuk harus mengambil sendiri di Kantor Pos. Untuk pendistribusiannya kami menggunakan beberapa tenaga pembantu yang akan mendatangi setiap rumah. Kami baru distribusikan sebanyak 5.511 dari total 10.433 KK. Sisanya 4.866 akan terus didistribusikan,” jelas Marcel. (ISA)

Tinggalkan Balasan