ilustrasi

Baru 50 Persen Warga Manokwari Punya e-KTP

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Tercatat baru 50 persen warga Kabupaten Manokwari yang memiliki e-KTP. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari, Yosep Isir saat ditemui Cahaya Papua di ruang kerjanya, kemarin.       

Yosep Isir mengatakan, sebelumnya target wajib e-KTP di Kabupaten Manokwari adalah kurang lebih 115 ribu jiwa, namun adanya pemekaran dua kabupaten baru yakni Manokwari Selatan dan Pegunungan Arfak, membuat jumlah tersebut diprediksi menurun dari target sebelumnya.

Sejauh ini Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari telah mencetak kurang lebih 5000 lembar e-KTP.

“Sekarang pusat sudah serahkan penuh ke daerah untuk mencetak, tetapi blanko, tinta dan beberapa alat lainnya masih dari pusat,” ucap Yosep Isir.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari akan terus berupaya mencapai target, yakni seluruh masyarakat Manokwari memiliki e-KTP.

Yosep Isir mengakui jika kesadaran masyarakat mengurus e-KTP di Manokwari rendah. Masyarakat baru akan melakukan perekaman atau pembuatan e-KTP bila membutuhkan identitas tersebut.

Khusus bagi warga pendatang baru yang hendak menetap di Kabupaten Manokwari diminta dapat melaporkan dirinya ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Manokwari untuk didata.

Pendatang baru juga diminta membawa surat pindah dari daerah asalnya jika ingin menetap di Kabupaten Manokwari, sehingga KTP yang bersangkutan dapat diganti dengan KTP wilayah Manokwari. |ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM