Bawa 16 petinju, Kaimana juara umum Kapolda Maluku Cup

AMBON, Cahayapapua.com— Kontingen Kabupaten Kaimana, Papua Barat, akhirnya keluar sebagai juara umum  tinju amatir memperebutkan piala Kapolda Maluku Cup yang berlangsung, 7 hingga 12 Agustus di Lapangan Upacara Letkol Pol. L. Tohapary, Polda Maluku, Provinsi Maluku. Kabupaten Kaimana, mengumpulkan 7 medali emas, 7 perak dan 2 perunggu.

Selain menyabet juara umum dengan dua piala sekaligus, yakni piala tetap dan piala bergilir, Kaimana juga mendapatkan predikat pemain terbaik, setelah Agus Densius yang turun di kelas Elite Man 52 kg, ditetapkan sebagai pemain terbaik.

Penyerahan piala tersebut dilakukan oleh Irwasda Polda Maluku yang diterima langsung oleh Asisten II Setda Kaimana, Martinus Furima mewakili Bupati Kaimana.

Bupati Kaimana Matias Mairuma yang ikut menyaksikan partai final selama dua hari berturut-turut, menegaskan, hasil yang diperoleh ini merupakan persembahan 16 anak berprestasi untuk masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Kaimana.

“Kemarin saat tinju di Manokwari, Pak Kapolda meminta partisipasi pemerintah daerah untuk mengembangkan tinju di Papua Barat. Kalau saat ini, Kaimana sudah selangkah lebih maju, karena bisa berhasil memboyong Piala Kapolda Maluku. Bahkan sebelumnya, piala Kejurda Tinju Papua Barat pun dipegang Kabupaten Kaimana,” tegas Bupati Mairuma.

Dalam keterangannya, orang nomor satu di Kaimana ini juga bertekad agar kejuaraan sejenis di luar daerah dapat mencatat Kaimana sebagai pemboyong piala terbanyak.

“Untuk itu, sepulang dari sini, kita akan lebih fokus mempersiapkan diri menjelang kejuaraan-kejuarana tersebut. Hasil ini pun ingin saya sampaikan ke Pak Gubernur (Papua Barat) agar Kaimana diberikan peluang untuk mewakili Papua Barat dalam kejuaraan nasional, bahkan PON mendatang di Papua. Kita punya banyak sekali potensi, bahkan kita akan segera membangun PPLP di Kaimana, karena sebentar lagi GOR akan kita bangun untuk pusat pelatihannya di situ,” tegasnya dalam siaran pers yang diterima Cahaya Papua kemarin malam.

Bupati Mairuma dalam kesempatan tersebut juga mengatakan, sesuai dengan pemetaan pengembangan olahraga di Papua Barat, Kabupaten Kaimana mendapatkan dua cabang olahraga yakni atletik dan tinju.

“Untuk itu, dua cabang ini akan tetap mendapatkan prioritas kita. Nanti, setelah GOR dibangun, kita akan pusatkan latihan tinju di GOR, termasuk dengan asrama atletnya. Sementara Stadion Triton, kita gunakan untuk pusat pengembangan atletik,” ujarnya menegaskan.

Sementara itu, Irwasda Polda Maluku, Kombes Pol Sarono usai menyerahkan piala bergilir tersebut, memberikan apresiasi terhadap pengembangan tinju Papua Barat, khususnya di Kabupaten Kaimana.

“Terima kasih banyak kepada Kabupaten Kaimana, yang bisa keluar sebagai juara umum dalam kejuaraan ini. Tingkatkan terus prestasi yang ada, dan teruslah berlatih untuk para petinju-petinju mudanya,” ujar Sarono, saat menyampaikan apresiasinya kepada Assisten II Setda Kaimana, Martinus Furima dan Koordinator Pelatih, Nus Nifangiliyau.

Dalam kejuaran ini, Kaimana menyabet 7 medali emas masing-masing dari Blasius Rahangmetan di kelas junior boys 48 kg, Serlina Manggara di kelas youth girls 46 kg. Kedua petinju ini, menang angka pada partai final pertama, Jumat (11/8) lalu.

Sementara di partai final kedua, Sabtu (12/8), 5 petinju Kaimana yang meraih medali emas yakni Calvin Janama di kelas youth boys 49 kg, menang angka atas petinju Jany Souhuwat dari Bhara Sakti Polda Maluku, Yakub Iwa yang turun di kelas youth boys 52 kg menang TKO atas petinju Wellem Matinahoru asal PPLP Maluku.

Selain itu, Agus Densius yang turun di kelas elite man 52 kg, berhasil menang angka atas petinju Gerry Mustika dari Buagala Boxing Camp Ambon. Selanjutnya, Titus Bowara yang turun di kelas elite man 60 kg, menang angka atas Marco Sameaputty asal Baguala Boxing Camp Ambon. Petinju terakhir Kaimana yang menyabet emas adalah Elias Manggaprow yang turun di kelas elite man 64 kg. Ia mencatatkan kemenangan TKO pada ronde kedua saat menghentikan laju petinju Pelatda Maluku dari Batu Merah Boxing Camp, Antony Samae.

Sebanyak 16 petinju asal Kaimana yang berlaga di kejuaraan tinju amatir yang memperebutkan Kapolda Maluku Cup 2017 ini, seluruhnya mendapatkan medali, baik itu emas, perak maupun perunggu. (*/del)

 

Tinggalkan Balasan