Ilustrasi Bawaslu, lampost.co

Bawaslu: Ada Indikasi Pengadaan Alat Peraga Kampanye Diluar KPU

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat, mengindikasi adanya pengadaan alat peraga kampanye di Manokwari yang dilakukan oleh pihak lain diluar Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD).

“Kami temukan alat peraga kampanye berupa stiker sudah ditempel di depan rumah warga. Jangan sampai dipasang juga di gedung atau fasilitas umum, ini melanggar aturan,” kata Anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat, Isak Waramory,Jumat (9/10/2015)

Terkait temuan itu, pihaknya telah memerintahkan Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Manokwari, memanggil kandidat yang bersangkutan untuk dimintai klarifikasi atas temuan tersebut.

“Kami harapkan pasangan kandidat dan tim suksesnya agar membersihkan secara suka rela sebelum diambil langkah-langkah tegas,” kata dia menegaskan.

Isak menambahkan, kondisi serupa juga terjadi di Kabupaten Sorong Selatan. “Di Sorong Selatan mungkin volumenya lebih banyak. ditemukan alat peraga dipasang pada tempat yang dilarang,” imbuhnya

Dia minta, kandidat maupun tim sukses patuh terhadap aturan, dengan tidak mencetak alat peraga selain yang diterima dari KPU. Seperti yang ditegaskan di dalam pasal 68 Peraturan KPU Nomor 7/2015.|RASYID FATAHUDDIN