PILKADA MAYBRAT

Bawaslu Batalkan PSU 260 TPS Pilkada Maybrat

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Papua Barat membatalkan rekomendasi Panwaslu Kabupaten Maybrat terkait pelaksanaan Pilkada di daerah tersebut.

Ketua Bawaslu Papua Barat Ishak Waramori, Rabu (22/2), menyatakan, Panwaslu Maybrat telah mengeluarkan rekomendasi keliru kepada KPU tentang pemungutan suara ulang.

“Waktu itu ada laporan dari salah satu pasangan calon Bupati dan wakil Bupati. Pasangan ini mendesak agar dilakukan pemungutan suara ulang di 25 TPS,” kata Ishak.

Menyusul laporan tersebut, lanjut Ishak, Panwaslu mengeluarkan rekomendasi agar KPU menggelar pencoblosan ulang di 260 TPS.

“Padahal waktu itu kami sudah sampaikan saran agar didalami serta menunggu petunjuk dari Bawaslu sebelum mengeluarkan rekomendasi. Kami kaget setelah memperoleh informasi tentang rekomendasi yang dikeluarkan Panwaslu,” ujarnya.

Bawaslu, kata Ishak, telah mengeluarkan surat keputusan atas pembatalan rekomendasi tersebut dan menyampaikanya kepada KPU Maybrat, Rabu (22/2).

Dia berpandangan, rekomendasi Panwaslu keluar karena komisioner dalam kondisi delematis dan ketakutan. Meskipun demikian sanksi akan tetap diberikan.

“Kami sudah sampaikan persoalan ini ke Bawaslu RI. Soal sanksi, pusat yang akan memutuskan,” ujarnya lagi.

Terkait laporan permintaan Paslon atas pencoblosan ulang, pihaknya masih mendalami dan akan segera mengeluarkan putusan. Pihaknya memastikan, persoalan ini tidak akan mengganggu tahap rekapitulasi suara si tingkat setempat. (IBN)

Tinggalkan Balasan