Ilustrasi

Begal dan Jambret Marak, Polisi Tingkatkan Operasi

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kepolisian Resor Manokwari berjanji akan meningkatkan patroli di wilayah Manokwari menyusul meningkatnya kasus kriminalitas belakangan ini. Patroli akan melibatkan personil Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kapolres Manokwari Ajun Komisaris Besar Polisi Christian Ronny Putra, Jumat (21/4), mengatakan, frekuensi patroli rayon yang selama ini dijalankan kepolisian akan ditingkatkan.

Kepolisian juga akan menambah personil dari Brigade Mobile atau Brimob dan personil TNI dalam patroli tersebut. “Menyikapi maraknya kriminalitas penjambretan disertai begal, pencurian, pemerkosaan, polisi akan meningkatkan operasi patroli,” kata Christian Ronny di Manokwari.

Dia mengatakan, patroli yang digelar pada malam dan siang hari ini, selain untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat, juga sebagai upaya mencegah tindakan kriminalitas.

Sebelumnya Christian Ronny menggeluarkan perintah kepada jajarannya untuk mengambil tindakan tegas terhadap pelaku begal dan jambret, bahkan jika perlu menembak pelaku, jika sudah dikategorikan mengancam jiwa korban. Perintah tembak di tempat bukan untuk mematikan tapi melumpuhkan korban.

Berdasar laporan tim khusus tindak kejahatan Reskrim Polres Manokwari, setiap hari di Manokwari selalu ada tindak kejahatan, berupa penjambretan, begal dan pencurian. Rata-rata aksi kriminalitas itu membuat korbannya mengalami luka parah, bahkan tak jarang mengancam keselamatan jiwa korban.

Christian Ronny mengatakan, aksi tembak ditempat dibenarkan Undang-Undang dan berupa ada dalam Standar Operasi Prosedur (SOP) kepolisian. “Jika petugas sudah terdesak serta mengancam keselamatan, polisi bisa melakukan penembakan untuk melumpuhkan korban,”katanya. “Polisi tidak tinggal diam. Kami akan menangkap para pelaku tindak kejahatan,” tambahnya. (one)

Tinggalkan Balasan