Peletakan batu pertama SD 02 Amban dan SD 09 Amban, Manokwari

Belasan Tahun, Akhirnya Dua SD Ini Punya Pagar

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com- Para guru juga murid SD Negeri 02 dan SD Negeri 69 Amban, kini bisa bernafas lega. Ketidaknyamanan yang selama ini dirasakan terutama pada saat jam belajar sudah bisa teratasi dengan dimulainya pembangunan pagar keliling.

Bupati Manokwari Bastian Salabai bersama dengan anggota DPRD Kabupaten Manokwari asal wilayah setempat, Trisep Kambuaya melakukan peletakan batu pertama pembangunan pagar keliling untuk kedua sekolah yang terletak dalam satu kompleks itu, Sabtu (17/10).

“Tidak adanya pagar sekolah membuat keselamatan anak-anak terancam karena sekolah ini terletak di pinggir jalan. Kemudian kendaraan juga bebas masuk ke dalam kompleks sekolah sehingga mengganggu proses belajar mengajar, “ jelas salah seorang guru saat memberikan laporan.

Selain itu, di malam hari, kompleks sekolah yang berada persis di depan kampus UNIPA Manokwari itu juga kerap kali dipergunakan untuk melakukan hal-hal yang negatif oleh oknum-oknum tertentu.

Oleh karena itu, pembangunan pagar keliling sekolah disambut gembira oleh pihak sekolah maupun orang tua siswa. Kegiatan belajar mengajar sengaja diliburkan untuk merayakan dimulainya pembangunan pagar tersebut.

“Ini (pagar) sudah menjadi pergumulan para guru, orang tua juga masyarakat yang ada di Amban ini sejak lama. Sudah belasan tahun baru sekarang terwujud, “ ujar Trisep Kambuaya saat memberi sambutan.

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan pentingnya pendidikan sejak usia dini dalam rangka menyiapkan masa depan yang gemilang bagi para generasi muda. Oleh sebab itu, setiap keluarga harus menyiapkan pendidikan yang baik bagi anak-anaknya agar kelak mereka menjadi manusia yang berguna.

“Kemajuan pendidikan itu tidak semata-mata menjadi tanggung jawab pemerintah atau bapak dan ibu guru melainkan keluarga dan orang tua menjadi tulang punggung majunya pendidikan kita, “ pesan Salabai.

Pembangunan pagar SDN 02 dan SDN 69 Amban bersumber dari APBD 2015. Untuk tahap pertama, dibangun pagar bagian depan sekolah beserta gapura. Tahapan selanjutnya akan dianggarkan kembali pada APBD 2016.

“Sekolah ini adalah salah satu sekolah tertua di Manokwari yang sudah menghasilkan banyak orang-orang besar jadi sudah sepantasnya sekolah ini punya pagar yang bagus agar sekolah ini menjadi lebih cantik, “ tambah Bupati.

Pada kesempatan itu, Bupati juga secara simbolis melakukan peletakan batu pertama pembangunan pagar SMPN 15 Anggori, Distrik Manokwari Barat yang juga bersumber dari APBD 2015.|ZACK TONU BALA