Netralitas PNS ?

Belum Ditemukan ASN Papua Barat yang Abaikan Netralitas Pilkada

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Asisten I Setda Provinsi Papua Barat, Drs. H. Musa Kamudi, M.Si mengatakan, pihaknya belum menemukan atau mendapat informasi adanya Aparatur Sipil Negara (ASN) di delapan kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada abaikan netralitas.

Musa Kamudi masuk dalam Tim Desk Pilkada yang terdiri dari unsur Pemerintah, TNI/ Polri serta masyarakat. Tugasnya memastikan penyelenggaraan Pilkada berjalan lancar dan aman, termasuk memantau netralitas ASN pada Pilkada serentak 9 Desember lalu di Provinsi ini.
“Kami terus melakukan pemantauan terhadap netralitas dan bentuk pelanggaran ASN dalam Pilkada,” kata Musa Kamudi kepada wartawan, Rabu (16/12) kemarin.
Koordinasi terkait data dan informasi tentang adanya keterlibatan oknum ASN terus ditelisik. Apabila ditemukan, Tim Desk Pilkada tingkat Kabupaten dan Provinsi akan mengambil tindakan tegas sesuai bentuk pelanggaran yang dilakukan.

“Tindakan tegas itu, tergantung tingkat pelanggaran. Bisa tindakan administrasi seperti teguran langsung atau bahkan bisa dikenakan sanksi skorsing,” jelas Musa Kamudi.
Disinggung apakah ada oknum ASN yang melanggar netralitas di Pilkada serentak, Musa Kamudi menerangkan bahwa sejauh ini pihaknya belum menerima laporan resmi ataupun aduan dari masyarakat.
“Setiap aduan harus disertai bukti fisik seperti foto, video, rekaman suara yang dapat dijadikan alat bukti. Jika ada, langsung kita proses,” tegas Musa Kamudi.| RIZALDY

%d bloggers like this: