Sekretaris KPU Rustam Efendi menyerahkan buku kompilasi hasil Pemilihan Umum Legislatif 2014 kepada Bupati Bastian Salabai. Salabai akan kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Manokwari.| CAHAYAPAPUA.com | Zack Tonu Bala

Belum Pasti, Pilkada Manokwari di 2015 atau 2018

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com— Bupati Manokwari Bastian Salabai belum memutuskan pilihan apakah mengajukan permohonan ke Mendagri agar Pilkada Kabupaten Manokwari dimajukan ke 2015 atau menunggu hingga 2018.

Kepada awak media di Kantor Bupati di Sowi Gunung, Senin (26/1/2015), Salabai yang sudah memastikan akan maju lagi sebagai calon Bupati periode mendatang mengaku dirinya masih mempertimbangkan untung rugi dari dua pilihan itu.

Ia pun masih ingin mendengarkan saran dan masukan dari para penasehatnya termasuk dari lembaga terkait seperti DPRD.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, KPU Manokwari menyarankan Pemda dalam hal ini Bupati dan Ketua DPRD mengajukan permohonan resmi kepada Mendagri agar Pilkada Kabupaten Manokwari dimajukan ke tahun 2015.

Pertimbangan utamanya adalah karena masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Manokwari berakhir pada bulan Pebruari 2016. Yang berarti hanya berselang kurang dari 2 bulan dari pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2015 yang kemungkinan besar digelar pada Desember mendatang.

Sesuai UU Pilkada terbaru, biaya pelaksanaan Pilkada seluruhnya dibebankan ke APBN. Namun itu baru berlaku untuk Pilkada serentak tahun 2018. Hal inilah yang menjadi salah satu poin yang dipertimbangkan Salabai.

“ Itu perlu ada pertimbangan yang baik. Karena kalau dimajukan 2015 berarti kita harus persiapkan dana (untuk biaya Pilkada) dengan persetujuan DPRD. Dengan demikian untuk maju Pilkada 2015 perlu konsultasi dulu dengan DPRD dan instansi terkait baru berkoordinasi dengan pusat, “ ujar Salabai.

Terkait itu, Bupati berencana memanggil pimpinan DPRD bersama sejumlah SKPD terkait untuk berkonsultasi.

“Kalau dana memungkinkan kami maju 2015 tapi kalau tidak berarti ke 2018, “ timpal mantan Ketua STT Erikson-Tritt Sowi, Manokwari itu. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan