Bupati Bernadus Imburi, Wabup Paul Indubri, Asisten I Jack Ayamiseba dan Kepala Distrik Roon Yefta Siregar meninjau Gedung Kantor Distrik Roon yang rusak parah meski belum pernah digunakan

Belum Pernah Digunakan, Kantor Distrik Roon Rusak Berat

WASIOR, CAHAYAPAPUA.comSelama 8 tahun terakhir ini aktivitas pemerintahan distrik Roon yang berpusat di Jende tidak berjalan normal. Ini terjadi karena bangunan kantor distrik setempat tidak dapat difungsikan.

Pelayanan pemerintahan pun terpaksa dilakukan di tempat lain. Setidaknya dalam 3 bulan terakhir, pelayanan dilakukan di gedung yang dipersiapkan sebagai kantor pelabuhan Jende yang dibangun persis di samping gedung kantor distrik.

Kabarnya semenjak selesai dibangun tahun 2008, kantor distrik Roon belum pernah dipergunakan karena sejumlah alasan. Akibat terlalu lama kosong, gedung yang dibangun di atas laut dengan model rumah panggung itu pun mengalami kerusakan di banyak bagian.

Beberapa tiang penyangga kini telah patah sehingga bangunan tersebut dinyatakan tidak layak lagi difungsikan.

Bupati Teluk Wondama Bernadus A.Imburi dan Wakil Bupati Paulus Y. Indubri saat melakukan kunjungan kerja ke distrik Roon, Selasa (19/7) lalu sempat meninjau gedung tersebut.

“Bangunan ini sudah ditinjau oleh Bappeda dan Inspektorat dan dinyatakan sudah tidak layak lagi, “ jelas Plt Kepala Distrik Roon Yefta Siregar.

Agar tidak menghambat penyelenggaraan pemerintahan maupun pelayanan kemasyarakatan, Bupati minta secepatnya dilakukan kajian untuk menentukan langkah yang akan diambil.

“Mengenai kantor distrik, ini akan dibicarakan lagi apakah akan dipindahkan ke lokasi lain atau bagaimana, “ ujar Imburi.

Setelah mendengar penjelasan masyarakat, pilihan yang diambil adalah membangun gedung baru untuk kantor distrik di lokasi baru. Warga setempat menyatakan telah menyiapkan lokasi untuk pembangunan kantor distrik.

“Kalau dipindahkan ke lokasi baru, saya harap masyarakat yang punya tanah tidak minta ganti rugi yang tinggi. Karena kalau terlalu besar, uang mana pakai untuk bayar, uang mana pakai untuk bangun. Jadi saya harap masyarakat dukung pembangunan dengan tidak meminta ganti rugi tanah yang besar, “ kata Imburi pada saat bertatap muka dengan masyarakat.

Asisten I Jack Ayamiseba menambahkan, Pemda akan membicarakan secara khusus rencana pemindahan kantor distrik dengan para pemangku kepentingan di distrik Roon. Seperti Bupati, diapun mengimbau warga agar mendukung rencana pembangunan yang dilakukan Pemda. (BRV)

Tinggalkan Balasan