Ketua Umum PPP Versi Muktamar Surabaya Romahurmuzy. Ist

Benarkah Muswil PPP Papua Barat Kubu Romy Tak Kantongi Ijin Polisi?

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Sekretaris PPP Papua Barat versi Jan Faridz, H. Gani Rumakat, mengungkap adanya pertemuan pengurus PPP Papua Barat versi Jan Faridz dan kubu Pro Muktamar Surabaya dengan Kapolres Manokwari di ruang Intelkam Polres Manokwari.

Menurut Gani, dalam pertemuan tersebut Kapolres menegaskan, tidak akan mengeluarkan ijin untuk kegiatan Muswil tersebut. Sebab menurutnya, Kapolres tidak ingin proses politik menabrak proses hukum yang sedang berlangsung. “Kapolres sangat bijak melihat persoalan ini,” ujarnya.

Benarkah tidak ada ijin polisi untuk kegiatan itu? Klaim soal tidak adanya ijin dari pihak kepolisian ini tampaknya bertolak belakang dengan dokumen yang dikirim oleh pengurus DPW PPP Papua Barat kubu Romy yang melampirkan secarik kertas ijin, ke redaksi Cahayapapua.com

Surat tertanggal 20 Mei 2015 itu adalah surat dengan kop Polda Papua Resor Manokwari bertajuk Surat Ijin nomor : SI/83/V/2015/ Intelkam yang diteken oleh Kasat Intelkam Polres Manokwari, AKP. Zakarias atas nama Kapolres.

Ijin itu diberikan kepada PPP Papua barat untuk menyelenggarakan Muswil. Penanggungjawab kegiatan ini adalah Murni Manilet, ketua panitia. Peserta diperkirakan sebanyak 100 orang dengan agenda pemilihan dan penetapan pengurus DPW PPP Papua Barat.

Ada dua catatan penting dalam ijin itu diantaranya:

  1. Bila terdapat penyimpangan dan/atau pelanggaran terhadap ketentuan dalam surat ijin itu maka polisi dapat membubarkan/ menghentikan       atau mengambil tindakan lain berdasar ketentuan hukum.
  2. Jika situasi keamanan tidak atau kurang kondusif maka polisi dapat mencabut dan atau menghentikan, dan/atau mengambil tindakan lain berdasar ketentuan hukum.

Meski dihadang penolakan Kubu Jan Faridz, serta kabar soal tidak adanya ijin dari pihak kepolisian untuk menggelar Muswil, namun kubu Romahurmuzy sepertinya tak terlalu risau. Berdasar pantauan Cahaya Papua, sejumlah persiapan telah dilaksanakan di Aston Niu Hotel, tempat digelarnya muswil. |PATRIX B. TANDIRERUNG

Tinggalkan Balasan