Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Humaira Bataray.
Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Humaira Bataray.

Bentrok Manokwari, DPRD Apungkan Pembentukan Panja

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Kondisi kamtibmas di Manokwari beberapa waktu terakhir ini sempat terganggu dengan sejumlah peristiwa bentrokan antara warga. Bentrok antara aparat dan warga yang terjadi Rabu malam hingga Kamis dini hari (26-27/10/2016) lalu, hingga menelan korban jiwa dan luka-luka.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Manokwari, Ayu Humaira Bataray Jumat (28/10/2016) mengatakan, perlu dibentuk panitia kerja (panja) untuk dapat menemukan akar permasalahan sejumlah kasus bentrokan antar warga yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

“Sebaiknya menyikapi persoalan ini, DPRD membentuk panja yang nantinya bekerjasama dengan pihak penegak hukum. Kira-kira apa yang bisa menjadi solusi dan yang dibutuhkan masyarakat untuk meredam yang mudah sekali tersulut emosinya,” katanya.

Kata Ayu, dinamika sosial yang berkembang di masyarakat tidak bisa disikapi berdasar asumsi. Harus ada penyelesaian secara komprehensif. Dengan begitu, panja menjadi kebutuhan mendesak yang harus didorong untuk segera dibentuk.

“Tanpa berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terlibat langsung. Kita tidak tahu apa ganguan kamtibmas menjadi tren masyarakat, luapan keresahan, atau terjadi sumbatan komunikasi. Tentu kita akan mendorong panja ini,” ujarnya.

Menurut Ayu, toleransi dan kebhinekaan dalam kehidupan bermasyarakat adalah suatu keniscayaan. Ia mengimbau, masyarakat harus bisa introspeksi diri dan membangun kerja sama.

“Kita harus tahu secara ril, dimana benang kusutnya. Bila perlu lakukan penelitian. Mengapa hanya dengan hal-hal kecil, masyarakat mudah marah. Menjustifikasi sesuatu tanpa melihat akar permasalahannya,” ujarnya.

Ayu menambahkan, terlu dini mengaitkan dinamika sosial yang berkembang dengan momen pilkada. Sebab, banyak fakto yang mempengaruhi seperti, kesenjangan sosial dan pengangguran. “Masih jauh jika dikaitkan dengan pilkada, saya imbau kalau bisa janganlah dikait-kaitkan. Mari, bersama jaga kamtibmas,” tandasnya. (ALF)

Tinggalkan Balasan