Ilustrasi. Int

Beraksi Pakai Undangan Orang Lain, Kawanan Mahasiswa ‘Dilumpuhkan’

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Satuan tugas penegakkan hukum terpadu (Gakumdu) Pilkada Manokwari berhasil menangkap 3 orang mahasiswa yang diduga digerakkan untuk memakai hak pilih orang lain mencoblos kandidat tertentu di TPS Kampung Soribo, Wosi Dalam, Manokwari, Rabu (9/12).

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Manokwari Ajun Komisaris Polisi Hengky K Abadi yang juga ketua Gakumdu Pilkada Manokwari mengatakan, ketiga mahasiswa tersebut sedang diperiksa secara intensif.

Kapolres Manokwari Ajun Komisaris Besar Polisi Johnny Edizzon Isir menjelaskan, ketiga mahasiswa tersebut berdasar hasil pemeriksaan diduga bertugas untuk memilih kandidat tertentu di sejumlah Tempat Pemungutan Suara memakai undangan memilih atau formulir C6 yang berisi nama orang lain.

Kapolres menegaskan pihak sedang melakukan koordinasi dengan Panwaslu Manokwari untuk melanjutkan kasus tersebut secara hukum jika memenuhi unsur pidana.

Sementara itu anggota Panwaslu Manokwari Paskalis Borlak menjelaskan saat ditangkap ketiga mahasiswa tersebut sedang memegang 14 lembar undangan memilih.

Pihaknya akan membawa kasus ini keranah hukum namun sebelum itu akan memastikan keaslian undangan tersebut. “Kami juga akan menyelidiki aktor dibalik aksi mereka,” kata Paskalis berjanji.

Paskalis mengatakan ketiga mahasiswa tersebut diamankan pihak berwajib di lokasi pemungutan suara Kampung Soribo, Kelurahan Wosi, Manokwari Barat.

Selain masalah tersebut, Panwaslu Manokwari juga menemukan kejanggalan pelaksanaan pemungutan suara di TPS 19 Anggori. Di TPS tersebut masyarakat yang masih memegang formulir C6 tidak bisa menyalurkan hak pilih mereka karena surat suara telah habis.

“Surat suara cadangan yang berjumlah 2,5 persen (dari total surat suara) juga habis. Kami akan menyelidiki ini untuk mengungkap kecurangan Pilkada ini,” kata dia.

“Jika terbukti (sebagai pelanggaran) maka KPPS beserta anggotanya akan diproses secara hukum,” katanya menambahkan. |ADITH SETYAWAN

Tinggalkan Balasan