Setelah beroperasi selama 39 tahun, SDN 02 Kalikodok akhirnya memiliki gedung baru yang lebih representatif di Kabupaten Teluk Bintuni. |CAHAYAPAPUA.com | Ari Murti

Berdiri Sejak 1976, SDN Kali Kodok Akhirnya Miliki Gedung Baru

BINTUNI, CAHAYAPAPUA.com —- Sekolah Dasar Negeri Kali Kodok atau SD Negeri 02 dahulunya merupakan sekolah kecil dengan beberapa orang murid saja. Menurut perintis sekolah ini, W. Korain bahwa SDN Kali Kodok pertama kali didirikan pada 15 April 1976  atau sekitar 39 tahun yang lalu.

“Saya buka sekolah ini waktu itu belum jadi apa-apa, muridnya hanya sepuluh, ada yang sampai lima. Tapi saya bertahan dari tahun 76 hingga 2005 baru keluar dari sekolah ini. Saya bertahan agar sekolah ini bertahan,” kenang Korain mengisahkan.

Seiring perkembangan jaman dan peningkatan pembangunan, sekolah yang dulu kecil kini menjadi sekolah yang cukup megah. Pembangunan sekolah yang tentunya membutuhkan dana yang tidak sedikit, Sabtu (2/5) lalu atau bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional telah diresmikan oleh Wakil Bupati Teluk Bintuni, Drs. H. Akuba Kaitam yang ditandai dengan pengguntingan pita.

Akuba dalam sambutannya meminta kepala Dinas Pendidikan untuk memberikan perhatian kepada perintis sekolah SDN Kali Kodok. “Kepada kepala dinas pendidikan diminta agar memberikan penghargaan kepada perintis SD Kali Kodok,” ucapnya.

Menurut Wabup, membangun sekolah yang layak telah sesuai dengan amanat Menteri Pendidikan maupun pendiri pendidikan Ki Hajar Dewantoro yang menginginkan tempat belajar sebagai sarana yang menyenangkan.

“Hari ini harus berbangga hati dengan adanya sekolah yang megah ini, sesuai dengan amanat menteri dan pendiri pendidikan Ki Hajar Dewantoro. Menyiapkan sarana taman belajar yang bagus dan menyenangkan. Oleh karena itu kepada Dinas Dikpora dengan upaya yang dilakukan di salah satu sekolah yang cukup bagus. Mudah-mudahan dapat dikembangkan terus,” serunya. | ARI MURTI