Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Papua Barat, Kombes Pol Parlindungan Silitonga.

Berkas lengkap, Yan Renwarin siap digelandang ke Kejaksaan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Yan Renwarin alias YR, mantan Ketua Harian KONI Papua Barat yang ikut terseret dalam dugaan korupsi pembangunan gedung Sekretariat KONI, siap digelandang ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Papua.

Hal ini diungkapkan Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Papua Barat, Kombes Pol Parlindungan Silitonga. Dia mengatakan, tahap II atau pelimpahan berkas tersangka dan barang bukti, dilakukan setelah beberapa kali memenuhi petunjuk jaksa peneliti Kejati Papua, untuk melengkapi berkas kasus ini.

“Berkasnya sudah lengkap, besok (hari ini) akan kita serahkan ke jaksa,” ujar Silitonga saat ditemui sejumlah Wartawan, Senin (4/9).

Namun, dia menuturkan, meski akan dilakukan tahap II, kemungkinan tersangka belum diserahkan. Pasalnya penyidik masih akan melakukan penyerahan barang bukti berupa aset rumah dan ruko, mobil serta uang tunai yang sebelumnya ikut disita.

“Dari jaksa meminta pemeriksaan Barang Bukti (BB) dulu, karena ada BB yang kita simpan di bank, berupa uang tunai dan sejumlah alat bukti lain yang kita titipkan di Rumbasan (Rumah Penyimpanan Barang Sitaan Negara),” terangnya.

Meski demikian, ia memastikan, setelah penyerahan BB, akan dilakukan penyerahan tersangka YR kepada Kejati Papua.

Sebelumnya, YR ditahan penyidik Polda Papua Barat setelah ditetapkan sebagai tersangka. Namum berdalih sakit Jantung, dia diijinkan berobat jalan hingga saat ini, setelah dibantarkan.

YR merupakan tersangka kasus Korupsi Pembangunan Sekretariat KONI Papua Barat tahun anggaran 2012/2013 dengan dugaan kerugian negara mencapai Rp 26,7 miliar. (mar)

Tinggalkan Balasan