Para Pejabat Teras Pemkab Teluk Wondama Ikut Menyanyikan Lagu Mars PKK Pada Acara Pelantikan Tim Penggerak PKK, di gedung Sasana Karya kantor bupati. Jumat, 17 Februari 2017

Berkas Masih Bermasalah, Nasib Honorer K-2 Menggantung Hingga Juni

WASIOR, Cahayapapua.com— Kepastian status pegawai honorer Pemkab Teluk Wondama yang telah lolos seleksi CPNS kategori dua (K-2) sejak 2013 silam belum juga mendapat titik terang. Berharap  menerima SK CPNS dalam waktu dekat, mereka justru harus menunggu lebih lama lagi.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Ujang P. Waprak ditemui usai mengikuti kegiatan di gedung Sasana Karya kantor bupati di Isei, Jumat (17/2) meminta para honorer K-2 untuk bersabar.

Dia sendiri telah mengecek langsung ke BKN Papua Barat di Manokwari untuk mengetahui apa permasalahannya. Ternyata penyebabnya karena banyak berkas honorer yang lolos seleksi K-2 sebanyak 319 orang yang diserahkan ke BKN masih bermasalah juga belum lengkap.

Antara lain tidak ada ijazah asli hanya menyertakan surat keterangan ijazah hilang, nomor ijazah yang tidak jelas juga riwayat diri yang tidak lengkap. Lantaran berkas-berkas bermasalah itu tidak kunjung diperbaiki hingga penghujung 2016, sistim aplikasi pelayanan kepegawaian (SAPK) untuk Kabupaten Teluk Wondama di BKN menjadi terblokir sehingga tidak bisa lagi diakses.

SAPK merupakan aplikasi kepegawaian online berbasis web yang memang dirancang memiliki batas waktu sehingga ketika melewati batas waktu yang telah ditetapkan maka secara otomatis aplikasi itu akan terkunci.

“Kita harus menyurat ke BKN pusat untuk buka aplikasi SAPK-nya karena sudah ditutup tahun kemarin. Langkah cepat yang saya ambil adalah membuat surat Bupati ke BKN dan saya antar sendiri dengan Sekda agar aplikasi itu bisa dibuka kembali. Mungkin minggu ini kami berangkat,“ kata Ujang.

Sembari mengupayakan pembukaan kembali aplikasi SAPK di BKN di Jakarta, pihaknya akan melengkapi berkas-berkas yang masih bermasalah. Sehingga ketika SAPK sudah terbuka bisa langsung dicetak nomor induk pegawai (NIP).

Dia memperkirakan proses sampai semua masalah tuntas membutuhkan waktu sekitar dua bulan.

“Paling lambat sekali itu bulan Juni sudah selesai, “ ucap pria yang baru dilantik 13 Februari lalu menggantikan Korinus Kris Torey.

Untuk diketahui sudah berulang kali pegawai honorer K-2 mempertanyakan kepastian penyerahan SK CPNS dan pelaksanaan diklat prajabatan. (BRV)

One comment

  1. Bila mendengar upah guru, terutama yang masih berstatus honorer, tentu kita sangat miris mendengarnya. Sungguhpun demikian, tidak menyurutkan guru yang sudah profesional berbakti dan mengabdi untuk mencerdaskan bangsa ini.
    Bagi rekan2 Tenaga honorer atau calon pelamar umum. Mulai sekarang agar kiranya mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian CPNS 2016-2017. Penerimaan CPNS Akan dilakukan dengan sistem CAT ( Computer Assisted Test ) Jika ingin Lolos msk jadi PNS/ingin di bantu,tidak ada salahnya kita langsun Kordinasi Kepala Biro Kepegawaian di BKN PUSAT Bpk Drs Iwan Hermanto Soetjipto, M.INF.Sys. No Tlp; 085222372425 beliau selaku Direktorat Pengolahan data di kntr Bkn pusat. Muda2an bpk masih mau membantu anda seperti saya kemarin, Alhamdulilla akhirnya saya Lolos masuk jd PNS, Terimakasih kepada Bpk. Drs Iwan Hermanto Soetjipto di BKN PUSAT, Dan Dialah Yang membantu Kelulusan saya, Alhamdulillah NIP dan SK Saya Tahun ini Bisa keluar.

Tinggalkan Balasan