Header website PT Padoma yang sudah tidak aktif. Foto: Ist

Bermasalah, Papua Barat Hentikan Suntikan Modal ke Padoma

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com– Setelah dinyatakan tutup total, selanjutnya PT. Papua Doberay Mandiri (Padoma) tahun 2015 juga tidak mendapatkan alokasi anggaran untuk penyertaan modal. Demikian diungkapkan Sekda Papua Barat, Nataniel D. Mandacan ketika soal nasib perusahaan daerah milik Pemprov Papua Barat itu.

Pemprov, aku Sekda tidak mau memberikan dana penyertaan modal karena dalam masa kepemimpinan Sekda kelima Papua Barat, Nataniel tidak mau Pemprov terlibat dalam kasus PT. Padoma yang sampai saat ini belum jelas ujung penyelesaian masalah hukum.

“Kita tidak alokasikan dana itahun 2015. Kalau ada masalah kita mau sertakan modal bagaimana?. Kalau kita kasih modal lagi nanti kita yang kena sanksi, sehingga dengan sangat terpaksa dan menyesal, Pemda tidak bisa lagi melakukan penyertaan modal kepada Padoma. Kalau kita masukan penyertaan modal, artinya kita membawa diri ke dalam ikatan hokum,” tegas Nataniel.

Sekda mengakui, secara resmi Pemprov belum memvakumkan perusahaan ini, namun sudah ada upaya penutupan dengan merumahkan karyawan dan mengalihkan semua usaha yang selama ini dikelola PT. Padoma, diantaranya pengalihan jatah angkutan beras PNS kepada perusahaan lain melalui lelang, lelang pengelolaan pesawat milik Padoma yang dibeli dengan harga miliaran rupiah dan saat ini kondisinya sudah rusak karena sayapnya patah dan tengah diusahakan untuk dikembalikan dari Wamena ke Manokwari.

“Ini sudah menjadi Rencana Gubernur yang mengambil tindakan untuk menarik pekerjaan semua yang berhubungan dengan PT. Padoma, selanjutnya akan dialihkan ke perusahaan lain melalui proses pelelangan,” kata Nataniel yang mengaku masalah nasib karyawan yang dirumahkan menjadi tanggungjawab PT. Padoma. |DINA RIANTI

 

EDITOR: BUSTAM

Tinggalkan Balasan