ilustrasi penipuan CPNS

Bermodal SK Bodong, Mantan Cleaning Service Tipu Belasan Orang

SORONG, CAHAYAPAPUA.com—-Lantaran menipu sejumlah warga, dengan iming-iming menjadikan korbannya sebagai PNS di lingkungan Pemeritah Kabupaten Sorong Selatan,  seorang mantan Cleaning Service di Kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Sorong Selatan akhirnya dilaporkan ke polisi.

Seorang pelapor yang tak mau namanya dikorankan menuturkan bahwa kejadian ini bermula saat penerimaan CPNS di Sorsel 2014 lalu.

Dengan nada yang meyakinkan, pelaku mendatanginya serta beberapa korban lainnya untuk meminta sejumlah uang. Pria yang berinisial MR itu berjanji membantu meloloskan para korban.  Untuk memuluskan aksinya itu, MR mengelabui para korban dengan menunjukan sebuah rekomendasi yang ditandatangani Sekda Sorong Selatan.

Korban mengaku jika MR meminta uang dengan jumlah bervariasi, mulai dari 1 hingga 3 juta rupiah. “Dia juga masih meminta uang sebesar Rp 50 juta jika SK PNS sudah keluar,” katanya kepada Cahaya Papua, Selasa (5/5/2015) di Polres Sorong Kota.

Sementara itu otoritas kepolisian Resort Sorong Kota melalui Iptu Gelora Tarigan menyatakan pihaknya sedang menyelidiki kasus ini.

Polisi sudah menyita beberapa dokumen berupa SK palsu yang mencatut tandatangan Sekda. Tandatangan itu rupanya discan.

“Kebanyakan korban tinggal di Kota Sorong. Kami masih pengembangan, kemungkinan ada korban lain yang belum melapor. Sejauh ini sudah ada belasan korban. Pelaku juga sudah mengakui perbuatannya,” ungkap Tarigan. (BIB)