LNG Tangguh Bintuni, Papua Barat

Bertemu TIAP – Tangguh, DPRPB Sampaikan Raperdasus DBH Migas

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Rancangan Peraturan Daerah Khusus Dana Bagi Hasil Provinsi Papua Barat menjadi salah satu topik pembicaraan dalam pertemuan antara anggota DPR Papua Barat dengan panel penasehat independen tangguh LNG Bintuni kemarin.

Pertemuan antara Tangguh Independen Advisory Panel (TIAP) atau Panel Penasehat Independen Tangguh LNG Bintuni digelar di salah satu ruang rapat kantor DPR Papua Barat.

Ketua Komisi D Bidang Kesejahteraan Sosial DPR Papua Barat Ortis Fernando Sagrim mengatakan, pertemuan tersebut tidak dihadiri oleh sebagian besar anggota DPR Papua Barat akibat diblokadenya kantor tersebut.

Ortis mengatakan, dalam pertemuan itu, legislator menyampaikan bahwa DPR Papua Barat periode lalu telah merumuskan Raperdasus DBH Migas. “Rencananya raperdasus tersebut akan dikaji kembali untuk diusulkan lagi,” kata Ortis.

TIAP dalam pertemuan itu menyampaikan capaian kerja BP Tangguh meliputi sektor kesehatan, pendidikan dan ekonomi kerakyatan.

Anggota DPR Papua Barat Sanusi Rahaningmas menambahkan, pembicaraan menekankan agar kebutuhan dasar masyarakat sekitar site LNG Tangguh harus mengacu pada kebutuhan mereka.

“Beberapa hal yang ditegaskan adalah, memberdayakan orang asli Papua terutama dibidang ketenagakerjaan, kontraktor lokal (asli papua) yang mampu, dan masalah pendidikan,” ujar Sanusi.

Tiap dibentuk untuk mengukur serta mengawasi kinerja BP Tangguh. Setiap tahun, TIAP melakukan diskusi dengan pemerintah daerah, DPR di tingkat provinsi dan kabupaten/kota, MRP-PB serta elemen masyarakat. Bahkan, diskusi juga dilakukan dengan para pekerja BP Tangguh. Selain diskusi, untuk mendapatkan masukan, TIAP juga melakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Papua Barat maupun Papua. | RASYID FATAHUDIN