Foto bersama Bhabinkamtibmas usai pertemuan, Rabu kemarin.

Bhabinkamtibmas diwajibkan kawal dana desa

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) diwajibkan mengawal dana desa dalam program pembangunan desa.

Hal ini diungkapkan, Kapolres Manokwari AKBP Christian Rony Putra, melalui Wakapolres Manokwari, Kompol Andi Mapparenta, dalam pertemuan dengan anggota Bhabinkamtibmas Polres Manokwari dan Polsek jajarannya, di aula Mapolres, Rabu (11/10/2017) pagi.

Dikatakan, kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pencerahan kepada anggota Bhabinkamtibmas yang bertugas di setiap desa/kampung.

Dijelaskan, Bhabinkamtibmas memiliki Tupoksi (Tugas pokok dan fungsi) yaitu mendeteksi sedini mungkin persoalan dan pemecahan masalah.

“Bhabinkamtibmas wajib ikut mengawal dana desa dalam program perencanaan pembangunan desa. Dan mereka harus bermitra dengan Kades dan elemen masyarakat di lingkungan bawah,” kata Mapparenta.

“Mereka harus mengingatkan mitranya, yakni Kepala Desa dalam ada perencanaan program dana desa yang tidak sesuai dengan peruntukkannya. Artinya, langkah pencegahan terjadinya persoalan dalam alokasi Dana Desa bisa dilakukan oleh Bhabinkamtibmas,” ucap nya.

Apabila ternyata Bhabinkamtibmas sudah mengingatkan adanya kesalahan program dana desa, namun tidak dihiraukan, tegas Mapparenta, maka risiko harus dipertanggung jawabkan oleh pelaksana program.

“Tujuan dilakukan pengawalan dana desa oleh Bhabinkamtibmas tak lain agar jangan sampai ada program dana desa yang salah sasaran. Jadi anggota kepolisian diberikan tugas oleh Negara, untuk ikut mengawal dana desa agar tersalurkan dengan benar,” pungkasnya. (cr-80) 

Tinggalkan Balasan