Kapolres Manokwari AKBP. Adam Erwindi

Bhabinkantibmas dan Babinsa ujung tombak keamanan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) serta kepala desa/kampung dan lurah adalah ujung tombak pembangunan terutama di sektor keamanan di Manokwari.

Itu sebabnya di garda terdepan, anggota Bhabinkamtibmas harus tetap bersemangat dan kreatif mengemban tugas sebagai ujung tombak pelayanan masyarakat di desa binaannya.

“Bhabin harus mampu membuat terobosan – terobosan baru dalam melayani masyarakat,” kata Kapolres Manokwari AKBP. Adam Erwindi dalam acara tatap muka Direktur Pembinaan Masyarakat Polda Papua Barat, Kapolres Manokwari dengan para Kapolsek dan anggota Bhabinkamtibmas se-jajaran Polres Manokwari, Kamis (7/12/17) di Aula Polres Manokwari.

Sementara itu Dir Binmas Polda Papua Barat AKBP Harri Muharram Firmansyah, SIK, mengatakan Bhabinkamtibmas memiliki tugas yang penting karena berhubungan langsung dengan keamanan, ketertiban, deteksi dan pencegahan dini. Itu sebabnya Bhabinkantibmas harus bersinergi dengan Babinsa setempat sebab TNI/Polri mempunyai peran dan tugas yang sama: menjaga keutuhan negara dan mempelopori pemahaman kamtibmas di masyarakat.

“Babinsa dan Bhabinkamtibmas juga bertugas menampung informasi mengenai kondisi desa. Petugas Bhabinkamtibmas harus tahu persis tupoksi sebagai bhayangkara pembina desa serta mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi di wilayah binaannya,” ujar Harri. (CR-80)

Leave a Reply

%d bloggers like this: