Pertemuan tahunan bank Indonesia 2015 di salah satu hotel di Manokwari

BI Dorong Perbaikan 5 Sektor

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com— Bank Indonesia mendorong pemerintah Papua Barat melakukan perbaikan pada 5 sektor penting yang dianggap mampu menjaga tingkat perekonomian di daerah ini pada tahun 2016.

Pertemuan tahunan BI perwakilan Papua Barat, kemarin, menekankan, perbaikan tersebut pada sektor industri padat karya, penguatan infrastuktur dasar, pemberian jaminan keamanan dan kepastian hukum, peningkatan pengawasan proses perizinan investasi dan keterbukaan informasi ekonomi. Pertemuan tahunan BI Papua Barat dihadiri Wakil Gubernur Papua Barat Irene Manibuy, pimpinan SKPD, pimpinan Bank termasuk kalangan pengusaha.

Kepala BI perwakilan Papua Barat Henri N Tanor menjelaskan, sektor industri padat karya yang perlu mendapat perhatian pemerintah adalah perikanan, perkebunan, kehutanan dan pertanian.

BI juga mendorong pemerintah membangun industri pengolahan sektor padat karya untuk memberikan nilai tambah yang tinggi serta dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar.

Henri mengatakan, pada sektor padat karya, BI bersama pemerintah dan stakeholder terkait telah mendorong pembentukan kluster ekonomi di Manokwari dan Manokwari Selatan. Peran BI pada lini ini disebut membantu akses kredit termasuk membuka pemasaran produk. Pembentukan kluster akan dilanjutkan pada tahun ini menyasar kabupaten lain, namun masih akan dilihat potensinya.

Untuk sektor penguatan infrastuktur dasar meliputi; energi, transportasi dan komunikasi menurut BI, perlu diperbaiki karena dalam jangka panjang dapat memberi nilai tambah perekonomian.

Sementara jaminan keamanan dan kepastian hukum yang mendapat penekanan dari BI adalah pada kepastian masalah kepemilikian tanah.

“(Perlu juga adanya) peningkatan pengawasan proses Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) diiringi dengan pemberian izin usaha di sektor industri yang semakin mudah dan cepat sehingga mempermudah proses investasi,” tambah Henri.

BI juga menekankan pentingnya keterbukaan dan penyebaran informasi potensi ekonomi di Papua Barat untuk menarik minat investor lokal dan mancanegara. |DUMA SANDA