Pertamina
Pertamina

Bidik Lahan Baru, Pertamina Tingkatkan Kilang Kasim Sorong

DENPASAR, Cahayapapua.com—  PT. Pertamina (Persero) kembali membidik lahan baru untuk meningkatkan kapasitas produksi minyak mentah di Kilang Kasim Sorong.

Kepala Komunikasi dan Relasi RU VII Kasim Sorong, Edi Mangun mengatakan, pertamina telah membeli lahan di Seget Kabupaten Sorong. Pembayaran lahan seluas 59 hektare tersebut akan dilakukan bulan ini.

“Lahan baru yang berdekatan dengan lokasi Kilang Kasim ini akan kita gunakan sebagai wilayah expansi baru untuk meningkatkan produksi kilang kita,” kata dia saat gelaran Gathering Media se-Maluku dan Papua di Denpasar, Bali, Jumat-Minggu (21-23/10).

Dia menyebutkan, saat ini Kilang Kasim Sorong baru bisa menghasilkan produksi minyak mentak sebanyak 10 ribu barrel perhari. Produksi dipastikan meningkat setelah kilang baru dibuka.

Edy menjelaskan, Kilang Kasim dibangun pada tahun 1995 dan mulai beroperasi pada tahun 2007. Awalnya produksi BBM dari kilang ini mampu menyupor kebutuhan BBM di wilayah Papua, Maluku dan Nusa Tenggara Timur.

Seiring pertambahan penduduk dan pemekaran daerah, kebutuhan BBM di tiga wilayah ini terus meningkat hingga membutuhkan suport dari Kilang Balikpapan, Kalimantan.

“Sorong dulu terkenal sebagai kota minyak, karena produksi kilang kita besar. Kalau dulu kita mampu menyuport BBM di seluruh wilayah Papua, NTT dan Maluku, sekarang kita cuma mampu menyuport 12 persen wilayah Papua,” terangnya lagi.

Dia menambahkan, Kilang Kasim pada tahun 2008 lalu mendaapat sertivikat ISO 17025 sebagai laboratorium penguji. Pada tahun 2007 lalu, Kilang ini pun merupakan satu-satunya kilang yang bisa menghasilkan BBM tanpa timbal di Indonesia. (IBN)

Tinggalkan Balasan