Arifin, SE, Ketua sementara DPR-PB.

Bila Ketua DPR PB Tak Dilantik, Siapa Penggantinya?

KAIMANA,CAHAYAPAPUA.com— Ketua sementara DPR Papua Barat, Arifin menolak berandai-andai mengenai status Robert Melianus Nauw yang ditunda pelantikannya sebagai ketua DPR PB.

SK Pelantikan Robby—Sapaan Akrab Robert ditunda, diduga karena status hukumnya dalam kasus dugaan korupsi berjamaah anggota DPRPB periode 2004-2009.

“Sekarang kami tidak boleh berandai-andai karena apapun keputusannya, itu menjadi kewenangan Kemendagri yang tentu mengacu pada peraturan perundang-undangan,” kata Arifin di Kaimana.

Tetapi, jika Kemendagri membatalkan SK pelantikan, maka menurut Arifin, masalah ini akan dikembalikan ke DPP Partai Demokrat. Sebab, kursi ketua DPRD Papua Barat itu milik Demokrat sebagai pemenang Pemilu legislatif di Papua Barat.

“Kita lihat saja bagaimana DPP (Demokrat,red) mencari solusi penyelesaiannya. Kalau saya, tidak mungkin lah, masih jauh panggang dari api,” ungkap Arifin sambil tertawa saat disinggung mengenai peluang dirinya menjadi Ketua (definitif) DPRD-PB.

Menyusul Menteri Dalam Negeri RI belum mengeluarkan SK Pelantikan Ketua DPR Papua Barat, maka  pimpinan DPRPapua Barat yang akan dilantik pada Selasa 16 Desember 2014 hanya Wakil Ketua I J.A Jumame dari Golkar, Wakil Ketua II Alberth Manibuy dari PDIP dan Wakil Ketua III Ranley Mansawan dari Partai Nasdem. |ISABELLA WISANG