Bupati Teluk Bintuni Ir. Petrus Kasihiw, MT

BINTUNI, Cahayapapua.com— Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni berencana tetap mempertahankan empat bandara perintis di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Bupati Petrus Kasihiw, pekan kemarin menegaskan bahwa titik lokasi -lokasi Bandara perintis yang terletak di Moskona Timur, Merdey, Farfuwar, dan Moskona Utara, harus masuk dalam peta RTRW.

“Itu empat Bandara perintis yang kita pertahankan, disamping Bandara yang sudah ada Bandara Bintuni, dan rencananya yang akan kita bangun baru di Meyado,” kata Bupati.

Dikatakannya, alasan mempertahankan dan tetap mengaktifkan Bandara perintis yakni untuk memenuhi kebutuhan transportasi di wilayah -wilayah pedalaman.

“Salah satu yang harus diaktifkan kembali ada di Farfuwar, dulu Kampung Farfuwar, dan kampung -kampung lain tersebar, tapi setelah ada bandara perintis itu, perkampungan mendekati Bandara,” ujarnya.

Selain itu, kata Bupati Kasihiw objek vital tersebut kedepan sangat penting, meskipun sudah ada jalan darat, namun apabila terjadi sesuatu yang urgen, bandara tersebut bisa dimanfaatkan.

“Jadi jangan cuma menumpuk di wilayah Utara, tapi di wilayah Selatan juga harus ada satu,” katanya lagi. (art)

Leave a Reply