ilustrasi

Bintuni Perpanjang Pendaftaran Anggota PPD dan PPS

BINTUNI, Cahayapapua.com—– KPU Kabupaten Teluk Bintuni memperpanjang waktu penerimaan calon anggota PPD dan PPS dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur provinsi Papua Barat tahun 2017.

Kasubag Umum KPU Teluk Bintuni, Ganem Seknun mengatakan sesuai dengan Peraturan KPU No. 3 tahun 2016 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pilkada 2017 jadwal seleksi edhoc mulai 20 Juni-20 Juli 2016, namun karena jumlah peserta calon anggota yang mendaftar kurang maka diperpanjang.

“Kami sudah mengumumkan kebeberapa kampung dan distrik, namun dari sisi jumlah yang mengambil formulir itu kurang dari sepuluh persen dari jumlah penduduk disetiap distrik. Oleh sebab itu kami lanjutkan lagi membuka kembali pendaftaran hingga 20 Juli dan seleksi tertulis sampai 23 Juli 2016,” kata Kasubag Umum kepada wartawan diruang kerjanya.

Dikatakannya, sampai saat ini yang sudah mengemabalikan dan memasukan berkas baru sekitar 14 distrik dari total 24 distrik yang ada di kabupaten ini. Namun sampai saat ini yang telah memasukan berkas terbanyak dari Distrik Bintuni.

Diakuinya, tahapan ini sedikit molor dan tidak sesuai dengan jadwal nasional dengan asalan kondisi geografis di distrik-distrik pedalaman yang sedikit sulit, sehingga membuat terlambatnya infromasi kepada masyarakat yang ada distrik.

“Sesuai dengan aturan, orang-orang yang bisa mendaftar yaitu yang mempunyai KTP beralamat di distrik yang bersangkutan. Tidak bisa orang yang beralamat dan berdomisili di distrik A dan mendaftar sebagai anggota PPD di distrik B,” pungaksnya.

Dia menjelaskan, seleksi anggota PPD dan PPS yang diutamakan yaitu masyarakat tujuh suku yang ada di Kabupaten Teluk Bintuni. Namun dalam proses seleksi pihaknya tidak akan mengabaikan syarat-syarat yang telah diatur dalam peratuaran PKPU dan Undang-Undang yang berlaku. (ART)

Tinggalkan Balasan