Kepala BPKAD Teluk Bintuni Ali Ibrahim Bauw.

Bintuni siapkan laporan penggunaan DAK fisik tahap pertama

BINTUNI, Cahayapapua.com— Pemerintah  Kabupaten Teluk Bintuni sedang mempersiapkan dokumen laporan pertanggungjawaban penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahap pertama tahun 2017.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Ali Ibrahim Bauw, pekan kemarin mengatakan sebagian besar dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) sudah menyampaikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana DAK ini. Namun sampai sekarang masih ada dua SKPD yang belum, yakni Dinas Pendidikan dan Kesehatan.

Dikatakan, untuk Dinas Kesehatan ada kesulitan dalam pembuatan laporan, karena ada satu kegiatan pengadaan obat-obatan yang menggunakan e-katalog. Sementara katalog merupakan sistem nasional, namun persolan ini sudah disampaikan dan segera dicarikan solusinya.

“Saya belum panggil kadinnya, untuk mencari solusinya yang terbaik. Kalau Kesehatan masalah e-katalognya. Kalau pendidikan mungkin proses pelelangannya, tapi saya yakin sudah melakukan lelang, tapi saya belum tanya langsung ke SKPD,” katanya.

Namun, kata Ali Bauw, ada sedikit kelonggaran dari pemerintah pusat terkait batas waktu pelaporan yang diperpanjang hingga Agustus. Sehingga waktu ini diharapkan dapat benar-benar dimanfaatkan oleh SKPD yang belum menyelesaikan laporannya.

“Saya suruh teman-teman di bidang teknis untuk melakukan jemput bola, kalau dua SKPD itu sudah selesai, laporan sudah selesai,” kata Ali.

Dikatakan, untuk tahun 2017, Pemda Teluk Bintuni mendapatkan anggaran DAK sekitar Rp. 200 miliar. Nilai ini mengalami penurunan dari tahun lalu, namun tidak sampai 10 persen. (art)

Tinggalkan Balasan