Ilustrasi

Bintuni Usulkan Tiga Titik sebagai Lokasi Bandara Baru

BINTUNI, Cahayapapua.com–– Pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni dalam waktu dekat akan mengusulkan ke pemerintah pusat, tiga titik tempat untuk dipilh menjadi lokasi pembangunan bandara baru berkapasitas lebih besar.

Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom Yosep Samuel Rony mengatakan, proses persiapan pembangunan bandara masih sebatas Visibility Study (VS) atau studi penentuan lokasi.

Pasalnya harus ada tiga titik tempat yang menjadi alternatif, diantaranya yang siap diusulkan yakni Rajawali Distrik Manimeri, SP 2 Distrik Manimeri, dan Distrik Meyado.

“Tiga ini kita akan kita dorong ke departemen perhubungan untuk nanti mana yang dijadikan bandara,” katanya usai mengikuti apel gabungan, di Kantor Bupati, Jumat kemarin.

Mantan Kepala Bappeda ini menjelaskan, sesudah ditetapkan dan ditentukan satu titik oleh departemen perhubungan, selanjutnya pemda akan membuat master plan.

“Setelah itu bisa langsung ke rencana teknisnya tergantung, kesiapan data kita dan penilaian dari Kementerian Perhubungan seperti apa. Yang penting satu rencana bandara harus terdaftarkan di Departemen Perhubungan sebagai rencana induk pembangunan bandara baru,” katanya lagi.

Namun setelah dikonsultasikan kepada Bupati Petrus Kasihiw selaku kepala daerah yang baru, Roni mengaku, bupati berharap Distrik Meyado sebagai tempat dibangunnya bandara baru.

“Setelah kami konsultasi ke pak Bupati, beliau menginginkan bandara yang baru dibangun di Meyado. Apabila kedepan Kabupaten Moskona jadi, bisa menjangkau semuanya. Karena letaknya berada ditengah-tengah antara Kota Bintuni dengan Moskona,” pungkasnya. (ART)

Tinggalkan Balasan