Kepala Biro Pemkesos Setda Provinsi Papua Barat, Hermus Indou.

Biro Pemkesos Bangun Mental Wirausaha Pemuda Hadapi MEA

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Biro Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial (Pemkesos) Setda Provinsi Papua Barat, terus berupaya membangun kemandirian ekonomi pemuda melalui program pengembangan kewirausahaan pemuda di provinsi ini.

Kepala Biro Pemkesos Setda Provinsi Papua Barat, Hermus Indou, menyatakan, saat ini penelitian penajaman program kemandirian ekonomi pemuda Papua Barat sedang dilakukan. Hal itu dilakukan untuk menunjang persiapan program tersebut.

“Khusus di Biro Pemkesos, program pengembangan kepemudaan yang lebih fokus kita kembangkan adalah pengembangan kewirausahaan pemuda,” kata Hermus belum lama ini.

Dia menyatakan, saat ini pihaknya terus mencoba melakukan upaya-upaya untuk memperkuat posisi perekonomian pemuda di setiap kabupaten/kota, sesuai potensi pemuda dan daerah masing-masing.

Salah satu upaya itu yakni kajian dan evaluasi terhadap setrategi pengembangan kewirausahaan pemuda yang telah dijalankan sejak Januari lalu.

Ia menjelaskan, pembangunan kemandirian perekonomian pemuda merupakan salah satu strategi untuk membangun kompetisi kewirausahaan di provinsi ini. Selain itu, program ini didorong untuk membangun ketahanan ekonomi pemuda dalam persaingan pasar bebas di negara- negara di wilayah Asia Tenggara yang di kenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Hermus mengajak para pemuda di provinsi ini, membangun hubungan sinergis dengan pemerintah daerah serta para pelaku usaha dalam memperkuat posisi wirausaha, baik pengusaha pemula, maupun yang sedang berkembang di daerah ini.

Ia juga berharap, para pemuda juga mampu memanfaatkan peluang bisnis sesuai dengan bonus demografi daerah ini, sehingga penguasaan ekonomi daerah ini nantinya tidak dimonopoli oleh investasi pengusaha asing. (ICL)

Tinggalkan Balasan