Christopel R. Mandacan, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Mansel.

BLH ajak pedagang kaki lima hadir di Taman Tuai

ORANSBARI, Cahayapapua.com–– Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari Selatan mengajak Pedagang Kaki Lima untuk melayani pengunjung di Taman Tuai Oransbari.  Upaya ini di lakukan untuk memusatkan perhatian warga dititik tersebut.

“Ini adalah siklus alami, setiap ada keramaian pasti kebutuhan jajan akan meningkat, atau dengan kata lain, jualan akan laku kalau kawasan jualannya ramai,” kata Christofel R. Mandacan saat berdiskusi dengan awak media, baru-baru ini.

Strategi lain yang digelar adalah nonton bersama di Taman Tuai setiap malam Minggu. Ini agar warga yang datang bisa merasa nyaman. Sehingga kebutuhan lain seperti jajanan harus ada.

“Jadi semuanya saling menutupi, kebutuhan pengunjung terpenuhi, dan juga warga yang berjualan juga ada pemasukan,” imbuhnya.

Selain memperkenalkan hasil kuliner warga Oransbari, aksi ini juga ternyata memiliki tunuan lain, yakni mempertegas fungsi taman kepada masyarakat setempat. Harapannya dengan kesadaraan warga atas manfaat dan fungsi taman, warga bisa ikut bertanggung jawab atas fasilitas yang di sediakan di taman tersebut.

“Kita juga ingin agar masyarakat tau, bahwa manfaat dari taman ini sangat banyak, untuk melepas lelah, bisa untuk mencari nafkah, supaya kedepan taman ini bisa dijaga dengan baik, jangan lagi ada yang melakukan pengrusakan seperti yang lalu-lalu, apalagi mengambil fasilitas yang ada di sini (Taman Tuai, red) untuk kepentingan pribadi,” terangnya.

Diketahui sebelumnya, lampu penerangan solar sell yang di pasang oleh Pemda Mansel untuk menerangi taman tersebut kehilangan aki, bunga yang disediakan di tempat itu juga raib. Akhirnya untuk mempertahankan keberadaan penerangan, Badan Lingkungan Hidup menggunakan jaringan PLN yang dilengkapi meteran listrik.

“Saya berharap, warga cepat sadar akan manfaat taman ini, agar mereka semua bisa menjaganya dengan baik,” tambahnya. (acm)

 

Tinggalkan Balasan