Logo BMKG

BMKG Prediksi Curah Hujan Kembali Normal pada Oktober – November

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Manokwari memprediksi curah hujan di Indonesia akan kembali normal bulan Oktober atau November.

Kepala BMKG Manokwari, Denny Putiray, mengatakan, curah hujan akan kembali normal pada Oktober atau November 2015 karena saat itu posisi matahari sudah bergeser ke kutub selatan.

“Ketika matahari telah berada pada posisi wilayah Kutub Selatan mulai 15 Oktober 2015 sampai Februari 2015, maka diprediksi curah hujan akan kembali normal, terutama pada wilayah NTT, Pulau Jawa, NTB dan Bali, akan kembali merasakan curah hujan, ” imbuh Denny usai mengikuti rapat forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan korban kecelakaan dan bencana daerah di Rabu (16/9).

Denny menerangkan bahwa intensitas panas yang tinggi pada Juni hingga September ini wilayah Manokwari dan sekitarnya terjadi karena posisi matahari berada tepat di garis katulistiwa. Intensitas matahari tersebut bukan disebabkan dampak Elnino.

Ia kemudian menyatakan bahwa mengacu pada data curah hujan dalam 15 tahun belakangan, untuk tahun ini, curah hujan sejak Juni – Agustus mengalami penurunan dibawah normal.

“Berdasar data curah hujan rata-rata secara umum Kabupaten Manokwari dari tahun 2000 sampai tahun pertengahan tahun 2015 itu berada pada posisi normal yakni 100 milimeter. Sedangkan Juni – Agustus mengalami penurunan dibawah normal,” terangnya. |RIZALDY