Kasat Reskrim Polres Manokwari AKP Hengky K Abadi

Bocah I5 Tahun Tertangkap Bawa 40 Butir Peluru

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Aparat kepolisian Resort Manokwari berhasil mengamankan satu warga berinisial LI (15 tahun) yang kedapatan membawa 40 butir peluru di Pelabuhan Feri Marampa, Kelurahan Sowi, Distrik Manokwari Selatan, Rabu (4/11/2015) pagi.

LI berhasil diamankan aparat kepolisian setelah tersangkut dalam razia gabungan unit Sabarah dan Reskrim Polres Manokwari yang digelar saat salah satu kapal Feri merapat di dermaga Marampa.

Kapolres Manokwari melalui Kasat Reskrim Polres Manokwari AKP Hengky K Abadi saat dikonfrimasi wartawan siang kemarin membenarkan hal tersebut. Kasat mengatakan saat ini pelaku dan barang bukti telah diamankan di Mapolres Manokwari.

“Amunisi yang diamankan sebanyak 40 butir dengan calliber 5,56 x 45 mm yang biasa digunakan pada senjata laras panjang, dan saat ini pelaku telah diamankan untuk dimintai keterangannya,” kata Kasat saat ditemui di ruang kerjanya.

Lanjut Kasat, saat ini pelaku tengah dimintai keterangannya serta menggali motif dari puluhan amunisi yang dibawanya masuk ke Kota Manokwari, dan mencari asal usul amunisi tersebut, serta tujuan penggunaan amunisi itu.

“Dari pemeriksaan peluru tersebut diperoleh dari keluarganya yang merupakan anggota Tentara. Dimana pelaku mencuri amunisi tersebut dari keluarganya dan dibawa ke Manokwari dari Kabupaten Biak,” jelas Kasat.

Akibat membawa puluhan butir peluru, LI akan dikenakan pasal 1 Undang-Undang Nomor 12 tahun 1951 tentang Senjata Api, dengan ancaman hukuman penjara 10 tahun keatas.

Kasat juga menegaskan razia-razia tersebut akan rutin dilakukan dengan waktu yang berbeda-beda dan tempat yang berbeda-beda pula. |ADITH SETYAWAN|BUSTAM