LNG Tangguh di Teluk Bintuni, Papua Barat.

BP akan Bangun 460 Lebih Rumah Warga Teluk Bintuni

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– British Petrolium (BP) Tangguh akan membangun sekitar 460 unit rumah warga di Distrik Weriagar dan Tomohu Kabupaten Teluk Bintuni. Pembangunan akan dilakukan secara bertahap selama empat tahun.

“Sudah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara pemerintah daerah dengan pihak perusahaan. Dua hari ini kami  melakukan pertemuan dengan pihak BP untuk menindaklanjuti rencana tersebut,” kata Bupati Teluk Bintuni Pietrus Kasihiw di Manokwari, Kamis (21/7).

Dia menjelaskan, pembangunan ini berupa renovasi rumah. Hal sebagai bagian kewajiban sosial BP Tangguh sesuai kesepakatan yang tertuang dalam dokumen Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) atas aktivitas kilang minyak dan gas bumi di daerah tersebut.

Pertemuan yang dilaksanakan di Manokwari, membahas segala hal yang harus dipersiapkan. Termasuk menjaring masukan baik dari pemerintah daerah maupun perusahaan.

Dia menyebutkan, pertemuan ini sudah melahirkan rekomendasi terkait pembentukan tim pengawas dan tim kerja pembangunan rumah tersebut.

“Tim pengawas maupun pekerja adalah perwakilan dari Pemda Teluk Bintuni dan dan Manajemen dari BP Tangguh,” ujarnya menambahkan.

Selain rumah, perusahaan pun akan membangun jalan kampung dan beberapa fasilitas pendukung seperti salter atau penghalang ombak dan talud sungai.

Menurut dia, masih banyak tahapan yang harus dilakukan pemerintah daerah maupun investor. Antara lain, penyiapan surat keputusan (SK) bupati atas penerima program tersebut.

Bupati menjelaskan, pembangunan akan dilakukan secara bertahap selama empat tahun. Dalam pertemuan, bupati meminta agar waktu pembangunan tersebut diperpendek menjadi dua tahun, namun hal itu tidak bisa dipenuhi pihak perusahaan.

“Tadi sempat alot, namun, rupanya anggaran sudah disetujui dan direncanakan pihak menejemen BP, bahwa pembangunan dilakukan secara bertahap,” katanya. (IBN)

Tinggalkan Balasan