Banjir di Prafi tahun lalu. |Dok.Cahaya Papua.

BPBD Berlakukan Status Siaga Banjir di Manokwari

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Seiring meningkatnya curah hujan yang terjadi di Kabupaten Manokwari, antisipasi bencana perlu dilakukan sejak dini.

Kepala BPBD Manokwari, Raymod Yap, pekan lalu mengatakan, sesuai arahan dari BPBD Provinsi Papua Barat, status siaga menjelang puncak hujan sudah harus dilakukan, meskipun status siaga satu belum ditetapkan.

Untuk mengantisipasi bencana yang bisa terjadi sewaktu-waktu, BPDB Manokwari juga tengah mempersiapkan stok peralatan bencana serta stok makanan melalui toko penyedia yang telah ditetapkan.

Sementara itu, ketersediaan stok dari pusat seperti peralatan khusus maupun kebutuhan khusus untuk ibu hamil maupun anak-anak semua ditangani langsung oleh BNPB Provinsi Papua Barat, yang koordinasi biasa dilakukan oleh BPBD jika terjadi bencana.

Raymod juga menjelaskan terdapat beberapa daerah rawan bencana di Manokwari, di antaranya Sungai Mansaburi, Sungai Wariori serta beberapa sungai kecil yang melintas di dalam Kota Manokwari.

Daerah-daerah tersebut tetap di pantau oleh BPBD Kabupaten Manokwari, mengingat lokasi tersebut berulang kali terjadi banjir.

“Kami sudah melakukan pantauan langsung kepada daerah-daerah yang tahun lalu banjir cukup hebat, namun sampai saat ini laporan dari KSBK (Kelompok Siaga Bencana Kampung) masih dalam kondisi normal,” terangnya.|ADITH SETYAWAN|EDITOR : BUSTAM

 

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: