Delegasi Asean Coordinating Centre for Humanitarian Asistance on Disaster Management (AHA Centre) di Kantor BPBD Provinsi Papua Barat, kemarin

BPDB Papua Barat Optimis Ditunjuk Wakili Indonesia

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com– Kepala BPBD Papua Barat Derek Ampnir menegaskan optimismenya soal kesiapan BPBD Papua Barat dalam lomba tangguh bencana tingkat ASEAN, usai menerima kunjungan delegasi Asean Coordinating Centre for Humanitarian Asistance on Disaster Management (AHA Centre) di Kantor BPBD Provinsi Papua Barat, kemarin.

Derek mengaku cukup optimis AHA Centre akan menunjuk Papua Barat untuk mewakili Indonesia dalam lomba tangguh bencana tingkat ASEAN karena fasilitas dan kesiapsiagaan bencana yang sudah dimiliki oleh Provinsi Papua Barat.

“Dari Papua Barat, tim akan ke Jawa Timur untuk menilai juga, jadi kita akan bersaing dengan Jawa Timur. Saya yakin Papua Barat yang akan mewakili Indonesia, karena kita tangguh bencana, terlebih kita memiliki dermaga, dimana BPBD yang memiliki dermaga hanyalah BPBD Papua Barat, tempat lain belum punya,” ungkapnya.

Delegasi AHA Centre berkunjung ke Papua Barat untuk melihat kelayakan BPBD Provinsi Papua Barat menjelang perlombaan tangguh bencana se ASEAN. Dalam kunjungan itu tim sempat berdikusi dengan pihak BPBD soal profil dan kondisi penanggulangan bencana di Papua Barat.

Derek dalam pertemuan itu juga mengisahkan perjalanan pembentukan BPBD termasuk memaparkan ketersediaan peralatan dan fasilitas yang dimiliki Papua Barat dalam menghadapi bencana

Tim juga sempat meninjau gudang logistik BPBD Provinsi Papua Barat yang menampung perlengkapan, bantuan, dan armada yang dimiliki BPBD.

AHA Centre merupakan pusat koordinasi negara-negara ASEAN untuk bantuan kemanusiaan bencana. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk memfasitasi kerjasama dan koordinasi di antara semua negara anggota ASEAN, dengan Perserikatakan Bangsa Bangsa dan berbagai organisasi  internasional lainnya, dalam mempromosikan kolaborasi regional penanganan bencana. |DINA RIANTI