Rapat koordinasi pemerintah kampung se Kabupaten Manokwari.

BPM Manokwari Gelar Rakor Pemerintahan Kampung

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Manokwari menggelar rapat koordinasi pemerintah kampung  se-Kabupaten Manokwari, guna menata kampung, menuju kemandirian.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Robby Rumbekwan mengatakan, rakor yang dilakukan ini merupakan agenda tahunan yang secara rutin wajib dilakukan, mengingat melalui rakor ini diharapkan dapat melahirkan ide-ide atau gagasan yang dapat berfungsi bagi pemerintahan kampung yang baik dan efektif.

Ia juga mengutarakan, sesuai penetapan undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, dalam pengaturannya serta pelaksanaannya menuntut agar aparatur desa wajib disiapkan kapasitasnya.

“Intinya rakor ini dilakukan untuk meningkatkan koordinasi yang baik antara seluruh SKPD serta menyusun program dan kegiatan dalam penataan pemerintahan kampung,”ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Manokwari Drs.Edi Budoyo dalam sambutannya mengatakan, perlu diketahui pemerintah dalam memberi dan mengalokasikan dana kampung adalah untuk menciptakan kemandirian kampung dalam partisipasi pembangunan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di kampung.

Wabup juga mengatakan, nantinya hasil yang diharapkan melalui rapat koordinasi ini bisa dievaluasi terkait kinerja pemerintahan kampung dalam penggunaan dana desa di tiap tahapannya.

Sehingga apa yang menjadi tujuan utama diberikannya dana desa, yakni untuk menciptakan kemandirian kampung dalam partisipasi pembangunan, kemajuan dan kesejahteraan masyarakat kampung.

Wabup juga berpesan agar setiap peserta yang berasal dari 9 distrik ini mampu memahami semua materi yang diberikan serta menerapkannya di lapangan. (ACS)

Tinggalkan Balasan