Uji laboratorium oleh BPOM (Doc. Cahayapapua)

BPOM INGATKAN WARGA TAK KONSUMSI OBAT SEMBARANG

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengingatkan warga tidak sembarang mengkonsumsi obat. 

Kepala BPOM Manokwari Mojaza Sirait mengatakan, di Jayapura BPOM pernah menemukan sembilan jenis obat  palsu. Meskipun kasus tersebut sudah ditangani namun warga diminta tetap waspada.

“Ada obat palsu yang beredar secara illegal atau tanpa izin,bisa berdampak buruk bagi  yang konsumsinya. Harus lebih berhati-hati,” kata dia, beberapa waktu lalu.

Di wilayah Papua Barat, selama ini pihaknya terus melakukan pemantauan. Ia berharap kasus Papua tidak terjadi di Papua Barat.

Mojaza menjelaskan,obat illegal atau palsu diproduksi oleh pihak yang tak berwenang. Seperti halnya kasus di Papua, beberapa jenis obat yang isinya tidak sesuai kemasan.

‘’Pelaku pembuat obat palsu tidak mengikuti aturan pembuatan dan penggunaan obat. Asal buat dan laku dipasarkan,’’ ujarnya.

BPOM mengharap dukungan semua pihak termasuk apoteker untuk memberantas peredaran obat-obatan illegal maupun palsu. Masyarakat diminta jeli dalam membeli dan mengkonsumsi obat.

Ia juga menyarankan warga tidak membeli obat secara online. Dari kasus yang ditemukan, sebagian besar obat yang dijual online adalah obat palsu. (ibn)

Tinggalkan Balasan