ilustrasi

BPOM Siapkan Operasi Pasar

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Papua Barat akan mengawasi ketat penjual makanan musiman yang biasa muncul jelang berbuka puasa selama Ramadhan. Hal itu dilakukan untuk mengawasi penggunaan bahan berbahaya pada makanan-makanan tersebut.

Pengawasan intensif mulai dilakukan oleh BPOM terkait produk makanan dan obatan yang beredar di Provinsi Papua Barat saat menjelang Ramadhan.

Kepala BPOM Papua Barat melalui  Kepala Seksi Pemeriksaan Penyidikan Sertifikasi dan Layanan (Pemdikserlik), Lukas Doso Nugroho mengatakan, sesuai instruksi BPOM Pusat, dalam waktu dekat ini, BPOM Papua Barat akan melaksanakan inspeksi mendadak (Sidak) terhadap beberapa produk makanan yang di pasarkan.

“Untuk menjelang Ramadhan, kami sedang mempersiapkan instruksi tersebut, dan kami selanjutnya akan turun untuk  melakukan operasi pasar,” ucap Lukas, Kamis (19/5/2016) siang.

BPOM Papua Barat juga akan melibatkan beberapa instansi terkait seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perindagkop dan UMKM serta pihak kepolisian dalam Sidak nanti.

“Kalau semakin banyak operasi yang dilakukan, maka pengawasan terhadap bahan makanan ini juga akan semakin bagus,” jelasnya.

Lanjut Lukas, tak hanya bahan makanan yang akan menjadi sasaran operasi BPOM Papua Barat. Beberapa jajanan menjelang buka puasa juga akan dilakukan pemeriksaan di laboratorium yang dimiliki BPOM Papua Barat.

“Kami punya lab keliling yang berbentuk mobil, nantinya kami akan periksa tajil-tajil yang dijual. Pedagang takjil ini pedagang musiman, kami harap tidak menjual makan yang mengandung bahan berbahaya,” tegasnya.

BPOM Papua Barat siap mengawal inspeksi mendadak yang dilakukan oleh pemerintah daerah baik di tingkat provinsi maupun di kabupaten/kota di Papua Barat. (ACS)

Tinggalkan Balasan