Kepala Bulog Sub Divre Manokwari Saat Mengikuti Panen Raya di Kampung Sidey Baru SP X, Distrik Sidey. (Foto : Adith Setyawan/CAHAYAPAPUA.com)

Bulog Harap Pemda Manokwari Subsidi Petani

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—– Bulog Manokwari berharap agar semua hasil dari para petani lokal di Kabupaten Manokwari dapat diserap oleh Bulog Manokwari. Ini bertujuan agar setiap masyarakat dapat menikmati beras lokal dari para petani-petani lokal di daerah ini.

Namun Bulog sebagai salah satu instansi pemerintah yang bergerak dibidang logistik khususnya beras, berharap ada kerjasama antara Bulog Manokwari dengan pemerintah daerah.

“Kita bisa menyerap hasil petani itu, tetapi kami terbentur dengan masalah harga. Harga pembelian pemerintah sebesar Rp 7.300, sedangkan harga dari petani bervariasi,” kata Kepala Bulog Sub Divre Manokwari, Zulkarnain Nurdin kepada wartawan, Senin (27/4/2015) usia melihat hasil Panen Raya di Distrik Sidey.

Sebagai langkah awal Bulog Manokwari berencana akan menyurati bupati Manokwari untuk memberikan subsidi bagi petani, sehingga hasil yang dipanen dapat diserap oleh Bulog Manokwari.

“Masyarakat maupun PNS bisa menikmati produksi lokal yang ada, saat ini bagaimana masyarakat bisa menikmati hasil lokal dengan harga yang tinggi. Saya berharap kepada pemda untuk bisa mengakomodir masalah ini,” harapnya.

Sebagai contoh, Zulkarnain mengatakan jika petani menjual dengan harga Rp 8 ribu maka pemda hanya perlu menyalurkan subsidi sebesar Rp 700 per kilo gramnya, karena Bulog akan membeli harga beras tersebut sesuai dengan harga pemerintah yakni Rp 7.300.

“Kami tidak bisa naikan harga itu lagi, karena itu sudah instruksi presiden,” tegasnya.

Terkait kualitas beras, Zulkarnain menilai beras hasil produksi lokal terbilang bagus, namun untuk memenuhi kebutuhan beras di daerah ini hasil petani belum bisa memenuhi. |ADITH SETYAWAN