Beras Bulog. Ilustrasi

Bulog target serap 2.750 ton beras petani lokal, Gudang modern akan dibangun di Manokwari Selatan

MANOKWARI, Cahayapapua.com— Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Bulog) akan membangun gudang modern di Kabupaten Manokwari Selatan, untuk mengoptimalkan serapan beras dari petani.

Kepala Subdivrer Bulog Manokwari Mohammad Said, mengatakan, pembangunan gudang akan dilaksanakan di Oransbari, yakni sebuah distrik/kecamatan yang menjadi pusat pertanian padi di daerah tersebut.

“Kita sudah berkoordinasi dengan pemerintah daerah. Bupati sangat mensuport program ini, ” kata dia, Kamis (24/8)

Dia menyebutkan, pemerintah daerah sudah menyiapkan lahan dan saat ini sedang dalam proses pembebasan. Setelah proses administrasi lahan selesai pembangunan akan segera dilaksanakan.

Bulog, kata dia, akan berupaya maksimal untuk menyerap gabah dari petani. Selain Manokwari Selatan, diharapkan Bulog juga maksimal menyerap gabah dari petani Manokwari.

“Kedepan gudang ini akan kita dilengkapi dengan fasilitas penunjang, dari mesin penggiling padi, pengering, draiyer hingga gudang penyimpanan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, serapan beras dari petani maksimal serta bisa mencukupi kebutuhan beras di wilayah Manokwari dan kabupaten lain yang menjadi wilayah kerja Bulog. Dengan demikian, daerah tersebut tidak perlu mendatangkan beras dari Makassar dan Jawa.

Optimalisasi serapan gabah dari petani, katanya menjelaskan, memerlukan dukungan semua pihak, termasuk pemerintah daerah dan petani sendiri. Selain itu, hal ini pun memerlukan kesiapan teknologi pertanian di daerah tersebut.

“Kita punya target penyerapan sebanyak 2.750 ton. Sementara sekarang masih sedikit sekali, untuk itu apapun caranya saya harus berusaha maksimal untuk mencapai target,” sebutnya. (ibn)

Tinggalkan Balasan