Bupati Bentuni

Bupati Bintuni Canangkan “Save Bintunian”

BINTUNI,CAHAYAPAPUA.com—– Di tahun terakhir masa jabatannya, Bupati Teluk Bintuni Alfons Manibuimencanangkan program “Save Bintunian”. Kata Bintunian sengaja dipilih sebagai pengganti kata masyarakat Bintuni atau orang yang berdomisili di Bintuni. Sehingga Save Bintunian dapat diartikan sebagai bentuk gerakan untuk menyelamatkan masyarakat Bintuni dari penyebaran virus HIV/AIDS, bahaya Narkoba, Miras hingga rokok.

“Kita ada Save Bintunian untuk menyelamatkan orang bintuni dari bahaya HIV/AIDS, gerakan anti miras dan stop rokok. Dan gerakan anti narkoba. Kita dorong supaya menjadi jati diri dari masyarakat Bintuni untuk tumbuh dan berkembang,” ujarnya pada pembukaan lomba lari 7K dalam rangka pringatan HUT Teluk Bintuni ke 12.

Alfons optimis gerakan Save Bintunian dapat terwujud dengan baik, karena karakter masyarakat dan kondisi Bintuni yang cukup kondusif.

“Saya percaya masyarakat Bintuni bisa, karena kita mampu untuk menjadi kabupaten yang sangat aman, hampir tidak pernah ada konflik. Hampir tidak pernah ada hal-hal yang mengganggu ketertiban dan keamanan, maka hal yang sama untuk ini saya yakin untuk bisa jati diri untuk kami orang Bintuni,” ungkapnya optimis.

Momentum HUT Kabupaten Teluk Bintuni ke 12 menurutnya sengaja dimanfaatkan untuk pencanangan gerakan Save Bintunian. Karena menurutnya perayaan ulang tahun bukan hanya sekedar kegiatan ceremoni belaka, melainkan harus dimaknai agar masyarakat dapat ikut ambil bagian dalam gerakan yang positif.

“Ingin memanfaatkan momentum HUT ini mengajak masyarakat untuk melakukan gerakan bersama yaitu gerakan menyelamatkan Bintuni dalam bentuk ajakan untuk save bintunian, yaitu menyelamatkan orang bintuni,” ujarnya.

Dikatakan masyrakat harus mampu ikut mengambil peran untuk menyadarkan diri sendiri, keluarga dan lingkungan untuk berhenti lakukan beberapa hal.

“Pertama, stop untuk melakukan hal yang tidak baik supaya HIV/AIDS tidak berkembang lagi di tanah ini. Kita harus menjadi bagian agar HIV/ AIDS tidak berkembang. Kedua, mau berhenti merokok dan juga stop miras. Katakan tidak untuk narkoba, jangan pernah kau sentuh barang itu kalau mau Bintuni selamat,” tegasnya. |ARI MURTI