Bupati Kabupaten Manokwari Demas Paulus Mandacan

Bupati Demas : Saya Tidak Mau Berurusan dengan Tanah

MANOKWARI, Cahayapapua.com—– Sebagai salah satu Bupati Termuda di Kabupaten Manokwari, Demas Paulus Mandacan ingin membuat pemerintah Kabupaten Manokwari mempunyai aset yang terbebas dari masalah hak ulayat, salah satunya adalah aset tanah milik pemerintah kabupaten Manokwari.

Untuk itu, masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Kabupaten Manokwari, Edi Budoyo, Bupati tidak akan menolelir segala bentuk tuntutan hak ulayat yang sudah diselesaikan oleh pemerintah Kabupaten Manokwari.
“Untuk Kepemimpinan saya, saya tidak akan berurusan dengan tanah, kecuali ada lokasi yang tidak dibayar sama sekali, itu baru bisa,”singkatnya.

Namun untuk lokasi yang sudah dilunasi oleh pemda, dan masih terus dituntut oleh pemilik hak ulayat maka, Bupati tak akan berkompromi dan akan membawa persoalan tersebut masuk dalam ranah hukum postif.

“Kalau semua yang sudah dibayar tetapi masih digugat maka harus melalui proses pengadilan, sehingga keputusan pengadilan yang akan dipakai sebagai acuan dasar untuk kami bisa mengeluarkan biaya untuk membayar,” tegasnya.

Dikatakan Bupati jika terdapat permasalahan serupa saat ini, maka masyarakat pemilik hak ulayat bisa mengugat di pengadilan, sehingga jika memang pemilik hak ulayat menang maka Pemerintah siap membayarnya, namun jika kalah masyarakat harus menerimanya sesuai dengan proses hukum yang berlaku. (ACS)

Tinggalkan Balasan