Penandatanganan berita acara tentang rancangan awal RKPD 2019.

WASIOR, Cahayapapua.com— Bupati Teluk Wondama Bernadus A. Imburi mengingatkan pimpinan organisasi perangkat daerah agar dalam penyusunan rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019 memperhatikan beberapa hal penting berikut.

Yakni program dan kegiatan yang dilaksanakan harus menjawab kebutuhan masyarakat secara langsung. Melakukan penghematan pada belanja aparatur dan belanja operasional kantor dan belanja perjalanan dinas dengan memprioritaskan pada belanja-belanja yang bersifat wajib untuk pelayanan masyarakat.

Hal tersebut ditekankan Bupati dalam pidato pembukaan Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal RKPD tahun 2019 di Gedung Sasana Karya di Isei, Kamis (25/1).

Bupati juga meminta OPD berperan aktif dalam peningkatan investasi dalam upaya mendorong pendapatan asli daerah dan mencari sumber-sumber pembiayaan lain sehingga dapat mengurangi ketergantungan daerah pada dana transfer dari pusat.

“Percepatan pembangunan dan pengembangan infrastruktur dasar seperti  pembangunan jaringan listrik ke arah utara dan selatan ibukota kabupaten Teluk Wondama dan ibukota distrik, peningkatan jaringan telekomunikasi, pembangunan jalan dan jembatan serta pembangunan dermaga beton di ibukota distrik pesisir dan kepulauan, “ kata Bupati.

Imburi pun mengharapkan agar  ruas jalan dengan aspal hotmix diperpanjang dan dilengkapi dengan lampu jalan terutama pada jalan utama dalam kota Wasior. Juga perlu dilakukan penyediaan moda transportasi laut dan darat yang dapat menjangkau seluruh ibukota distrik. Serta mempercepat pembangunan Bandara baru.

Forum konsultasi publik tentang rancangan awal RKPD diselenggarakan untuk menghimpun aspirasi dari para pemangku kepentingan terhadap sasaran dan prioritas pembangunan tahun 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan Bappeda itu juga dimaksudkan  untuk memperoleh rumusan sementara sasaran dan prioritas pembangunan 2019 sebagai acuan dalam penyusunan rencana kerja (renja) OPD.

“Saya ingatkan bahwa gagal merencanakan itu sama dengan kita merencanakan kegagalan karena itu segala sesuatu harus direncanakan dengan baik dan matang, “ pesan Imburi. (brv)

Leave a Reply