Sekolah SMA. Ilustrasi

Bupati Janji Bangun SMA di Amban Tahun Ini

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Warga kelurahan Amban, distrik Manokwari Barat meminta Pemkab Manokwari membangun satu SMA di wilayah setempat.

Jumlah penduduk yang cukup besar – terbanyak kedua setelah kelurahan Wosi, menjadi alasan utama warga mendorong hadirnya SMA. Terlebih lagi, di Amban terdapat kampus Universitas Papua (UNIPA) sehingga sudah selayaknya, wilayah yang sudah dipersiapkan menjadi distrik sendiri ini memiliki SMA maupun SMK.

“Kami di Amban ini butuh satu SMA karena penduduk di Amban ini cukup banyak dan tiap tahun selalu mengalami penambahan penduduk yang cukup signifikan karena di sini ada kampus UNIPA, “ kata Trisep Kambuaya, anggota DPRD Kabupaten Manokwari dari PKPI.

Trisep menyampaikan itu di hadapan Bupati Bastian Salabai pada acara peletakan batu pertama pembangunan pagar SDN 02 dan SDN 69 Amban, Sabtu (17/10). Trisep mengklaim hal itu adalah aspirasi masyarakat Amban yang dititipkan kepadanya.

Menanggapi itu, Bupati pada kesempatan itu juga memerintahkan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga agar mempersiapkan kehadiran SMA di Amban. Bahkan, Salabai meminta agar dalam tahun ini juga direalisasikan.

“Kalau bisa tahun ini juga sudah terima murid, pakai gedung di belakang itu (gedung kosong di belakang SDN 69) dulu sementara, “ kata Salabai kepada Kabid SMA Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang ikut hadir dalam acara itu.

Beberapa warga Amban yang ditemui Cahaya Papua menyatakan setuju dan mendukung ada SMA di Amban. |ZACK TONU BALA