Bupati Manokwari Bastian Salabai. | Ist

Bupati Manokwari: Kepala Kampung Harus Peka Persoalan Sosial

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com-  Kampung Desay, SP-II distrik Prafi resmi memiliki kepala kampung yang baru. Rabu (22/10), bertempat di balai kampung setempat,  Bupati Manokwari DR.Bastian Salabai melantik Selamet Purwadi menjadi kepala kampung Desay.

Selamet terpilih secara demokratis dalam Pilkades yang telah diselenggarakan beberapa waktu sebelumnya. Pria berusia 45 tahun itu menggantikan Sugoto yang menjabat kepala kampung Desay selama satu periode. Selamet menjadi pemimpin kampung Desay selama 6 tahun ke depan (2014-2020).

Dalam sambutannya, Bupati mengingatkan bahwa pemimpin yang baik adalah pemimpin yang siap melayani bukan dilayani. Karena itu seorang kepala kampung dituntut memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dengan selalu perduli terhadap setiap permasalahan yang terjadi di wilayahnya.

“Saya mengimbau kepada kepala kampung terpilih agar lebih peka terhadap persoalan-persoalan sosial di wilayah anda. Sebagai wakil pemerintah yang paling dekat dengan masyarakat, harus saudara yang paling pertama mengetahui kondisi masyarakat di wilayah saudara, “ pesan Bupati.

Seorang kepala kampung juga mesti menjadi figur teladan bagi masyarakatnya. “Saudara harus mampu memfasilitasi penanganan masalah-malasah yang terjadi di masyarakat, “ lanjut Salabai.

Sebagai kepala kampung, Selamet Purwadi ingin menomorsatukan revolusi mental  melalui pembangunan karakter. Dia ingin merubah pola pikir masyarakatnya  sehingga pada akhirnya semua elemen di kampung bisa berpartisipasi membangun kampung.

“Kepedulian masyarakat terhadap pembangunan kampung sekarang sudah mulai hilang, ini yang perlu kita bangun dulu. Karena target saya adalah membuat kampung Desay menjadi kampung teladan tingkat provinsi, “ ujar Selamet usai pelantikan. |ZACK TONU BALA