Bupati Manokwari Bastian Salabai. | Ist

Bupati Manokwari Minta Warga Giatkan Jumat Bersih

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com- Bupati Manokwari Bastian Salabai kembali mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kebersihan dan keindahan kota Manokwari.

Semua komponen masyarakat hendaknya ikut berperan aktif mewujudkan kota yang bersih, indah, hijau dan menarik agar selaras dengan predikat Kota Injil yang disandang kota Manokwari.

Menurut Bupati, banyak upaya telah dilakukan Pemda untuk membangun kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Tidak cuma berupa himbauan maupun bentuk sosialisasi lainnya, Pemda sendiri telah melakukan aksi nyata lewat program Jumat Bersih yang melibatkan PNS dari berbagai instansi.

Kegiatan bersih lingkungan setiap hari Jumat itu menurut Bupati, menjadi bagian dari upaya memotivasi masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan di lingkungannya masing-masing.

“Pemda sudah berikan teladan. Setiap hari Jumat PNS turun membersihkan parit-parit, sampah-sampah untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kebersihan kota ini adalah sesuatu hal yang sangat penting, “ ujar Salabai di sela-sela penanaman pohon dalam rangka hari menanam nasional di distrik Warmare, Selasa (2/12).

Sayangnya, sejauh ini ‘teladan’ yang ditunjukkan PNS itu belum ampuh mendongkrak kesadaran masyarakat. Masih banyaknya sampah yang bertebaran di berbagai pelosok kota menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan masih rendah.

“Sampah yang banyak ini karena kesadaran masyarakat yang masih rendah, masih sering buang sampah di sembarang tempat, “ timpal Salabai sembari mengimbau masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya.

Sekedar diketahui, dalam upaya mengurangi sampah di kota Manokwari, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Manokwari telah memulai program bank sampah. Melalui bank sampah, masyarakat Manokwari bisa mendapat uang dari menjual sampah terutama sampah organik seperti botol kemasan air mineral dan lainnya.

Bangunan untuk bank sampah sendiri sudah mulai dikerjakan tahun ini dan ditargetkan pembelian sampah akan berlaku pada 2015. |ZACK TONU BALA

 

EDITOR: BUSTAM

 

Tinggalkan Balasan