Ikrar Bersama Bupati Manokwari, Kapolres dan Manta Dandim Manokwari. Bupati menyatakan wajar jika Papua Barat memiliki Kodam sendiri.

Bupati Manokwari: Papua Barat Wajar Punya Kodam Sendiri

Bupati Bersama Pejabat Pemprov Papua Barat Menjemput Pangdam XVII Cenderawasih di Bandara Rendani. Pangdam Datang Dalam Rangka Pembentukan Kodam Papua Barat

Bupati Bersama Pejabat Pemprov Papua Barat Menjemput Pangdam XVII Cenderawasih di Bandara Rendani. Pangdam Datang Dalam Rangka Pembentukan Kodam Papua Barat

MANOKWARI, CAHAYAPAPUA.com – Pemerintah Kabupaten Manokwari menyambut positif rencana pembentukan komando daerah militer (Kodam) di Papua Barat yang kemungkinan besar berkedudukan di Manokwari.

“Mengapa Kodam ini perlu ada karena sebagai sebuah provinsi sudah sewajarnya Papua Barat juga punya Kodam (sendiri), “ kata Bupati Bastian Salabai di sela-sela penjemputan Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Fransen G.Siahaan di Bandara Rendani, Rabu siang.

Kunjungan Pangdam ke Manokwari memang untuk membicarakan pembentukan Kodam Papua Barat. Salabai mengajak warga melihat sisi positif dari hadirnya Kodam yakni menjamin terjaganya situasi keamanan dan ketertiban di wilayah Papua Barat sehingga masyarakat bisa beraktivitas dengan bebas dan lancar.

“Dengan demikian, pembangunan bisa berjalan dengan baik karena terjadi peningkatan di semua bidang termasuk bidang keamanan, “ ucap Bupati.

Pangdam tiba di Bandaran Rendani Rabu siang menumpang eXpress air dari Jayapura. Selain Bupati, ikut menjemput, ketua MRP-PB Vitalis Yumte, Kabiro Pemerintahan Setda Papua Provinsi Barat Eliza Sroyer bersama tokoh adat ketua Mekesa Obet Ayok.

Juga ada Kejari Manokwari Timbul Tamba serta Dandim 1703 Manokwari Letkol Inf Stefanus S.Aribowo. Dijadwalkan, pada malam harinya, Pangdam akan bertatap muka dengan Bupati dan jajaran Muspida Kabupaten Manokwari.

Sekedar diketahui, rencana pembentukan Kodam di Papua Barat masih menuai pro dan kontra.|ZACK TONU ADONARA