Bupati: Pelabuhan Bintuni sudah tak layak, segera bangun baru

BINTUNI, Cahayapapua.com— Bupati Kabupaten Teluk Bintuni, Petrus Kasihiw mengungkapkan bahwa pelabuhan yang ada saat ini sudah tidak layak, sehingga perlu secepatnya membangun yang baru.

“Pelabuhan kita masih perlu membangun, pelabuhan yang saat ini sudah tidak layak, segera kita bangun pelabuhan baru di Muturi,” kata Bupati Kasihiw pada kegiatan Fokus Group Diskusi (FGD) Peninjauan Kembali (PK) Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di Aula Sasana Karya, Kantor Bupati, pekan kemarin.

Sementara untuk mengantisipasi Kawasan Industri di Onar, Distrik Sumuri, yang berada di wilayah Selatan Kabupaten Teluk Bintuni, pemda juga berencana membangun satu pelabuhan khusus industri untuk menopang kebutuhan akan fasilitas tersebut kedepan. Karena diperkirakan bukan cuma kapal milik perusahaan saja yang datang.

“Kapal -kapal yang nanti datang ke wilayah ini (kawasan industri red) kedepan perlu disiapkan pelabuhan, ¬†kalau kapal industri sudah ada pelabuhannya, tapi kapal -kapal lain yang datang itu perlu juga pelabuhan, ” ujarnya.

Terkait dengan persiapan pembangunan pelabuhan baru, Kepala Dinas Perhubungan Victor E. Ririhena mengatakan rencana tersebut masuk sebagai program strategis tahun ini.

“Kita ini sementara lagi buat dokumen studi kelayakan, itu ada itu akan dikonsultasikan lagi dengan kementerian perhubungan,” kata Kadin Dishub, di ruang kerjanya, beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, penuntasan dokumen studi kelayakan atau visibility study tetap berjalan. Dengan target waktu pada pertengahan Desember tahun lalu sudah bisa dipresentasikan ke Kementerian Perhubungan.

“Tahun depan belum konstruksi, kita masih fokuskan pada studi kelayakan, karena itu prosesnya panjang untuk bangun banyak aspek yang dilihat,” katanya.

Mantan Kepala Samsat Teluk Bintuni mengatakan program strategis ini terus di komunikasi dengan pemerintah pusat. Hasilnya pusat sangat merespon baik, namun yang menjadi catatan yakni daerah secepatnya harus siapkan dokumen studi kelayakan. (art)

Leave a Reply

%d bloggers like this: