Bupati Kabupaten Manokwari saat meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Tingkat SMA beberapa Waktu lalu.

Bupati Rubah Sistem Penyaluran Bantuan Pendidikan

MANOKWARI, Cahayapapua.com—- Pemerintah Kabupaten Manokwari akan merubah sistem penyaluran bantuan pendidikan bagi mahasiswa yang mengambil studi di luar daerah. Bantuan yang semula diserahkan secara langsung akan transfer melalui rekening dan kantor pos.

Bupati Manokwari Demas Paulus Mandacan mengatakan, hal ini untuk mencegah penyelewengan serta demi keamanan dalam penyaluran dana tersebut. Demas menegaskan, perubahan sistem penyaluran itu akan diterapkan mulai tahun ini.

Pada pertemuan bersama 15 perwakilan mahasiswa di kantor bupati, Senin (18/4), Demas mengimbau seluruh Ketua Ikatan Mahasiswa Manokwari yang tersebar diseluruh kota studi mendata kembali mahasiswa yang masih aktif kuliah. Hal itu untuk mempermudah penyaluran bantuan tersebut .

Pada kesempatan itu bupati menawarkan beberapa opsi penyaluran bantuan tersebut kepada Mahasiswa, yakni melalui rekening pribadi mahasiswa atatu kantor pos. jika penyaluran dilakukan melalui pos mahasiswa dapat mengambil dengan menyerahkan beberapa bukti seperti Kartu Tanda Mahasiswa(KTM), Kartu Tanda Penduduk (KTP) serta surat keterangan aktif kuliah.

Sebelumnya, dalam pertemuan tersebut beberapa mahasiswa bersi keras meminta bupati menyalurkan dana pendidikan tersebut melalui Ikatan Mahasiswa di kota studi masing-masing . Penyaluran kepada mahasiswa akan dilakukan oleh pengurus Ikatan Mahasiswa.

Bupati tidak setuju atas masukan tersebut, karena kuatir akan terjadi penyelewengan.

“Saya tetap dengan keputusan saya dan saya tidak akan berubah dengan apa yang sudah saya putuskan. Dikirim via rekening atau ambil di kantor pos. Kami akan kerjasama dengan mereka untuk penyalurannya,”tegas bupati

Mendengar jawaban bupati, mahasiswa pun sepakat bahwa penyaluran akan dilakukan melalui rekening. Bagi yang tidak memiliki rekening penyaluran akan dilakukan melalui pos. (ACS)

Tinggalkan Balasan