Pimpinan SKPD mengikuti rapat koordinasi dengan bupati dan wakil bupatidi kantor bupati Manokwari Sowi Gunung, Kamis 22 Januari 2015. CAHAYAPAPUA.com Zack Tonu Bala

Bupati Salabai Didesak Lantik Pejabat Struktural Sebelum Penetapan APBD

MANOKWARI,CAHAYAPAPUA.com—-Desakan agar Bupati Manokwari Bastian Salabai secepatnya melakukan pelantikan pejabat struktural semakin menguat. Kali ini datang dari lingkup internal Pemkab Manokwari sendiri.

Para pejabat teras mulai dari Wakil Bupati Roberth KR. Hammar, Sekda FM. Lalenoh berikut sejumlah pimpinan SKPD berharap Bupati tidak perlu berlama-lama lagi menunda proses mutasi, rotasi maupun promosi (MRP).

Hal itu disampaikan pada rapat koordinasi Bupati dengan para pim pinan SKPD, di ruang Sasana Karya Kantor Bupati di Sowi Gunung, Kamis (22/1/2015).

Pada kesempatan itu, Wabup Roberth Hammar menyarankan agar pelantikan sebaiknya dilakukan dalam waktu dekat ini sebelum APBD 2015 disahkan DPRD. Tujuannya untuk menjaga

agar semangat kerja para pejabat tidak terganggu akibat pelantikan yang terkesan terus digantung. Juga sekaligus untuk meredam spekulasi yang selama ini berkembang bahwa Bupati akan melakukan perombakkan besar-besaran.

“Supaya ketika mereka dilantik mereka semangat karena sekarang para pejabat kita ini bingung jangan-jangan mereka sudah siapkan program kerja tapi nanti diganti lagi, itu bisa membuat kinerjanya menurun, “ kata Hammar.

Sekda Lalenoh mengatakan, pengisian jabatan eselon II yang saat masih memakai Pelaksana Tugas maupun jabatan eselon III dan IV yang masih kosong sudah merupakan kebutuhan organisasi. Karena itu, demi menjaga agar birokrasi tidak mengalami stagnansi, akan lebih baik jika pelantikan secepatnya terlaksana.

“Masih ada Plt untuk eselon II, kita jalan sudah jauh Bapak Bupati. Jangan kita lama-lama. Itu kebutuhan organisasi. (Ada banyak jabatan) Eselon III dan IV ada yang kosong (yang harus segera diisi), “ ucap Sekda pada kesempatan yang sama.

Beberapa pimpinan SKPD sebut saja Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yusak Wabia serta Plt Kepala Dinas Kehutanan Erens Ngabalin ikut bersuara meminta agar pelantikan segera terlaksana.

“Kami usul Bapak Bupati memasukan pelantikan pejabat struktural sebagai salah satu program prioritas di tahun ini. Kalau tadi sudah ada 13 program prioritas, saya usul ini menjadi yang ke-14, “ kata Erens saat diberi kesempatan mengajukan usul saran.

Sayangnya meski ada desakan dari jajarannya, Bupati dalam kesempatan itu belum juga memberi kepastian kapan pelantikan akan digelar.

“Untuk pelantikan jangan tanya ke BKD (kepegawaian) tanya langsung ke Bupati, “ kata Salabai tanpa memberi penjelasan lebih lanjut. |ZACK TONU BALA

Tinggalkan Balasan